kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,58   -19,63   -1.94%
  • EMAS957.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.52%
  • RD.CAMPURAN -0.63%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

China gelar latihan militer di Laut China Selatan, ada kapal amfibi & rudal siluman


Rabu, 25 November 2020 / 12:15 WIB
China gelar latihan militer di Laut China Selatan, ada kapal amfibi & rudal siluman
ILUSTRASI. Kapal pendarat amfibi Changbaishan (Hull 989, kanan) dan Wuzhishan (Hull 987, kiri).


Sumber: Global Times | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Dalam lanjutan latihan militer China di Laut China Selatan, Selasa (24/11) lalu, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengirim tiga kapal pendarat amfibi Type 071 dan beberapa kapal rudal siluman Type 022.

Global Times melaporkan, pada 18 November lalu, tiga kapal pendarat amfibi Type 071 bergabung dengan armada kapal perang di bawah Komando Teater Selatan PLA.

Ketiga kapal tersebut masing-masing memiliki nama Wuzhishan, Kunlunshan, dan Changbaishan. Semuanya melakukan latihan maritim selama empat hari.

Dalam latihan ini, kapal amfibi fokus pada 10 subjek. Misalnya, pertahanan komprehensif dan transfer bantalan udara kapal pendarat, operasi penembakan langsung dan kunjungan, serta operasi penutupan, pencarian, dan penyitaan.

Baca Juga: China: Fakta membuktikan, AS pendorong terbesar militerisasi di Laut China Selatan

Tiga kapal pendarat amfibi Type 071 yang beroperasi bersama bisa dianggap sebagai kekuatan pendaratan yang sangat kuat. Latihan tersebut merupakan simulasi misi untuk mendarat di pulau besar atau sekelompok besar pulau dan terumbu karang.

Di lokasi yang terpisah, CCTV melaporkan, armada kapal rudal siluman Type 022 melakukan latihan skenario pertempuran nyata. Semuanya melakukan latihan serangan dan pertahanan komprehensif, pertahanan udara, serta anti-terorisme.

Pakar militer China dulu sempat mengira Type 022 hanya cocok untuk pertahanan pantai. Tetapi, PLA tampaknya mengeksplorasi potensinya untuk beroperasi di luar itu.

Dua latihan militer terbaru ini secara umum menampilkan kapal perang besar dan kapal kecil namun berkecepatan tinggi. Manuver ini cukup menunjukkan kemampuan PLA dalam misi pendaratan amfibi di perairan pesisir.

Selanjutnya: Tegang dengan India, China berencana kirim lebih banyak jet J-16 ke wilayah barat




TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×