kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.134   36,00   0,24%
  • IDX 7.690   -54,08   -0,70%
  • KOMPAS100 1.197   -12,74   -1,05%
  • LQ45 960   -10,22   -1,05%
  • ISSI 231   -1,84   -0,79%
  • IDX30 493   -3,71   -0,75%
  • IDXHIDIV20 592   -5,34   -0,89%
  • IDX80 136   -1,23   -0,89%
  • IDXV30 143   0,08   0,05%
  • IDXQ30 165   -1,13   -0,68%

China Luncurkan Stimulus Terakhir untuk Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi 2024


Jumat, 27 September 2024 / 11:53 WIB
China Luncurkan Stimulus Terakhir untuk Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi 2024
ILUSTRASI. Beijing menyusun serangan stimulus terakhir untuk menarik kembali pertumbuhan ekonomi menuju target 5% tahun ini. REUTERS/Jason Lee/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Bank sentral China pada Jumat (27/9) menurunkan suku bunga dan menyuntikkan likuiditas ke dalam sistem perbankan saat Beijing menyusun serangan stimulus terakhir untuk menarik kembali pertumbuhan ekonomi menuju target sekitar 5% tahun ini.

Mengutip Reuters, Jumat (27/9), lebih banyak langkah fiskal diharapkan akan diumumkan sebelum liburan China selama seminggu yang dimulai pada tanggal 1 Oktober, setelah pertemuan para pemimpin tertinggi Partai Komunis menunjukkan peningkatan rasa urgensi tentang meningkatnya hambatan ekonomi.

Setelah pertemuan Politbiro, China berencana menerbitkan obligasi khusus senilai sekitar 2 triliun yuan (US$ 284,43 miliar) tahun ini sebagai bagian dari stimulus fiskal baru, dua sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters.

Baca Juga: Xi Jinping Umumkan Strategi Baru untuk Tingkatkan Lapangan Kerja

Kepala Ekonom Asia Capital Economics Mark Williams memperkirakan paket tersebut akan meningkatkan produksi tahunan sebesar 0,4% dibandingkan dengan yang seharusnya."

"Ini sudah akhir tahun, tetapi paket baru sebesar ini yang segera diterapkan seharusnya cukup untuk menghasilkan pertumbuhan sesuai dengan target sekitar 5%," katanya.

Saham China berada di jalur untuk minggu terbaik sejak 2008 karena ekspektasi stimulus.

China menghadapi tekanan deflasi yang kuat karena penurunan pasar properti yang tajam dan kepercayaan konsumen yang lemah, yang telah mengungkap ketergantungannya yang berlebihan pada ekspor dalam lingkungan perdagangan global yang semakin tegang.

Berbagai data ekonomi dalam beberapa bulan terakhir telah meleset dari perkiraan, sehingga menimbulkan kekhawatiran di kalangan ekonom bahwa target pertumbuhan terancam dan bahwa perlambatan struktural jangka panjang dapat terjadi.

Pada hari Jumat, data menunjukkan laba industri kembali mengalami kontraksi tajam pada bulan Agustus.

"Kami yakin pelemahan pertumbuhan yang terus-menerus telah mencapai ambang batas yang menyakitkan bagi para pembuat kebijakan," kata analis Goldman Sachs dalam sebuah catatan.

Seperti yang ditandai pada hari Selasa oleh Gubernur Pan Gongsheng, People's Bank of China pada hari Jumat memangkas jumlah uang tunai yang harus dimiliki bank sebagai cadangan, yang dikenal sebagai rasio persyaratan cadangan (RRR), sebesar 50 basis poin. Ini adalah  pengurangan kedua di tahun 2024.

Baca Juga: Impor Emas China Melalui Hong Kong Anjlok 76% di Agustus 2024

Langkah tersebut diharapkan akan melepaskan likuiditas sebesar 1 triliun yuan (US$ 142,5 miliar) ke dalam sistem perbankan dan disertai dengan pemotongan suku bunga acuan pada perjanjian pembelian kembali terbalik tujuh hari sebesar 20 bps menjadi 1,50%. 

Kekuatan Fiskal

Mengingat permintaan kredit yang lemah dari rumah tangga dan bisnis, investor lebih fokus pada langkah-langkah fiskal yang secara luas diharapkan akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang.

Reuters melaporkan pada hari Kamis bahwa 1 triliun yuan yang akan dikumpulkan melalui obligasi khusus akan digunakan untuk meningkatkan subsidi untuk program penggantian barang konsumen dan untuk peningkatan peralatan bisnis skala besar.

Obligasi tersebut juga akan digunakan untuk memberikan tunjangan bulanan sekitar 800 yuan, atau US$ 114, per anak untuk semua rumah tangga dengan dua anak atau lebih, tidak termasuk anak pertama.

China bermaksud untuk mengumpulkan 1 triliun yuan lagi melalui penerbitan utang negara khusus yang terpisah untuk membantu pemerintah daerah mengatasi masalah utang mereka.

Bloomberg News melaporkan pada hari Kamis bahwa China juga mempertimbangkan untuk menyuntikkan hingga 1 triliun yuan modal ke bank-bank negara terbesarnya.

Baca Juga: Harga Minyak Masih Tertekan Meski Suku Bunga Turun dan Ada Stimulus China

Sebagian besar stimulus fiskal China masih digunakan untuk investasi, tetapi keuntungannya menyusut dan pengeluaran tersebut telah membebani pemerintah daerah dengan utang sebesar US$ 13 triliun.

Langkah-langkah fiskal yang akan segera diambil akan menandai sedikit pergeseran ke arah stimulasi konsumsi, arah yang selama lebih dari satu dekade ingin ditempuh Beijing tetapi belum banyak mengalami kemajuan.

Belanja rumah tangga China kurang dari 40% dari output ekonomi tahunan, sekitar 20 poin persentase di bawah rata-rata global. Investasi, sebagai perbandingan, 20 poin di atas tetapi telah memicu lebih banyak utang daripada pertumbuhan.

Politbiro juga berjanji untuk menstabilkan pasar real estat yang bermasalah, dengan mengatakan pemerintah harus memperluas daftar putih proyek perumahan yang dapat menerima pembiayaan lebih lanjut dan merevitalisasi lahan kosong.

Pertemuan September biasanya bukan forum untuk membahas ekonomi, yang menunjukkan meningkatnya kecemasan di kalangan pejabat.

"Strategi 'kejutan dan kekaguman' dapat dimaksudkan untuk menggenjot pasar dan meningkatkan kepercayaan," kata analis Nomura dalam sebuah catatan.

"Tetapi pada akhirnya Beijing masih perlu memperkenalkan kebijakan yang dipikirkan dengan matang untuk mengatasi banyak masalah yang mengakar, khususnya mengenai cara menstabilkan sektor properti." 

($1 = 7,0189 yuan China)

Selanjutnya: AQUA Dukung Penerapan Ekonomi Sirkular di Kalimantan Timur

Menarik Dibaca: Cara Memperbaiki Instagram Story Tidak Dapat Diunggah Beserta Penyebabnya




TERBARU
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×