kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Data Ilmuan China Memberi Petunjuk Tentang Asal Usul Virus COVID-19


Rabu, 22 Maret 2023 / 12:20 WIB
Data Ilmuan China Memberi Petunjuk Tentang Asal Usul Virus COVID-19
ILUSTRASI. Data COVID-19 China dari pasar hewan memberikan petunjuk tentang asal-usulnya. China Daily via REUTERS


Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - LONDON. Data dari hari-hari awal pandemi COVID-19, yang diunggah secara singkat ke database global oleh para ilmuwan China, memberikan informasi penting tentang asal-usul wabah, termasuk pasar hewan di kota Wuhan di China, kata para peneliti.

Virus ini pertama kali diidentifikasi di Wuhan pada Desember 2019, dengan banyak yang mencurigai pasar hewan hidup Huanan sebagai sumbernya, sebelum menyebar ke seluruh dunia dan membunuh hampir 7 juta orang.

Para ilmuwan menerbitkan laporan pra-cetak berdasarkan interpretasi mereka terhadap data pada Senin (20 Maret), setelah bocoran di media pekan lalu dan pertemuan dengan Organisasi Kesehatan Dunia, yang mendesak China untuk merilis lebih banyak informasi.

Baca Juga: WHO: Suatu Saat di Tahun Ini Kami Bisa Menyatakan Covid-19 Berakhir Sebagai Pandemi

Data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CDC) tidak lagi tersedia di database Global Initiative on Avian Influenza Data (GISAID) tempat data itu ditemukan oleh para ilmuwan.

Itu terdiri dari urutan baru virus SARS-CoV-2 dan data genom tambahan berdasarkan sampel yang diambil dari pasar hewan hidup di Wuhan pada tahun 2020, menurut para ilmuwan yang mengaksesnya.

Urutan menunjukkan bahwa anjing rakun dan hewan lain yang rentan terhadap virus corona hadir di pasar dan mungkin telah terinfeksi, memberikan petunjuk baru dalam rantai penularan yang akhirnya sampai ke manusia, kata mereka.

"Ini menambah bukti yang mengidentifikasi pasar Huanan sebagai lokasi limpahan Sars-CoV-2 dan episentrum pandemi COVID-19," kata laporan itu.

Itu ditulis oleh penulis termasuk Michael Worobey dari Universitas Arizona, Kristian Andersen dari Scripps Research di La Jolla, California dan Florence Débarre di Universitas Sorbonne di Paris, Prancis, yang mengakses data tersebut.

Dibandingkan dengan informasi yang bocor minggu lalu, laporan tersebut menambahkan lebih banyak detail tentang hewan lain yang ada di pasar, serta menunjukkan bahwa beberapa sampel lingkungan positif SARS-CoV-2 memiliki lebih banyak materi genetik hewan daripada manusia, yang mana kata peneliti konsisten dengan hewan yang terinfeksi.

Pejabat WHO mengatakan pekan lalu bahwa informasi itu tidak konklusif tetapi memang mewakili petunjuk baru dalam penyelidikan asal-usul COVID-19, dan seharusnya segera dibagikan.

Badan PBB sebelumnya mengatakan bahwa semua hipotesis untuk asal-usul COVID-19 tetap ada, termasuk bahwa virus tersebut muncul dari laboratorium dengan keamanan tinggi di Wuhan yang mempelajari patogen berbahaya.

Baca Juga: Marah Besar, Ini Jawaban China Atas Tudingan FBI Soal Asal-Usul Covid-19

China menyangkal hubungan semacam itu. WHO juga mengatakan bahwa sebagian besar bukti mengarah pada virus yang berasal dari hewan, kemungkinan kelelawar.

CDC China tidak segera tersedia untuk komentar. Pada hari Senin, ketika ditanya oleh Reuters mengapa data tersebut pertama kali muncul online dan kemudian menghilang dan apakah informasi tersebut pada akhirnya akan dibagikan, juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin merujuk wartawan ke "otoritas terkait" tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Dia mengatakan China selalu mendukung dan berpartisipasi dalam kerja sama ilmiah global tentang pelacakan asal dan akan terus melakukannya, tetapi mengatakan komunitas ilmiah internasional juga perlu berbagi penelitian mereka tentang virus yang berasal dari wilayah lain di dunia dengan China.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×