kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ditawari Chelsea oleh Roman Abramovich Miliarder Swiss Hansjorg Wyss Sebut Kemahalan


Kamis, 03 Maret 2022 / 11:56 WIB
Ditawari Chelsea oleh Roman Abramovich Miliarder Swiss Hansjorg Wyss Sebut Kemahalan
ILUSTRASI. Roman Abramovich menawarkan Chelsea ke Hansjorg Wyss. Action Images via Reuters / John Sibley Livepic EDITORIAL USE ONLY.


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Roman Abramovich, miliarder Rusia yang tengah menjual pemilikan saham di Chelsea FC kabarnya tengah melakukan pendekatan kepada beberapa konglomerat global.

Abramovich tengah menawarkan saham Chelsea FC kepada mereka lantaran panik menghadapi konflik Rusia Ukraina yang tak kunjung berakhir.

Salah satu miliarder yang mengaku di tawari oleh Roman Abramovich adalah miliarder asal Swiss, Hansjorg Wyss.

Hansjorg Wyss mengklaim telah didekati dan ditawari Roman Abramovich untuk membeli Chelsea Football Club.

Pria berusia 86 tahun itu mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan Blick, yang dikutip Sport Ilustrated  di laman www.si.com Kamis (3/3). 

Hansjorg Wyss menyatakan bahwa dirinya sedang mempertimbangkan proposal Roman Abramovich tetapi ia menilai harga yang diminta Rusia saat ini terlalu tinggi.

Sebagai gambaran Hansjorg Wyss menurut Forbes saat ini memiliki kekayaan dengan total US$ 5,1 miliar.  

Hansjorg Wyss merupakan taipan yang mendirikan produsen perangkat medis Synthes, sebelum menjualnya ke Johnson & Johnson seharga US$ 20,2 miliar pada tahun 2012 silam. 

Sekarang ini Hansjorg Wyss memegang saham di perusahaan biotek NovoCure dan Molecular Partners.

Wyss juga mengatakan kepada Blick bahwa "Abramovich adalah salah satu penasihat dan teman terdekat Putin. Seperti semua oligarki lainnya, dia juga panik," katanya.

Selain menjual Chelsea FC ia menyebut Abramovich sedang mencoba untuk menjual semua vilanya di Inggris. 

Dia juga ingin segera melego Chelsea. "Saya dan tiga orang lainnya menerima tawaran pada hari Selasa untuk membeli Chelsea dari Abramovich," katanya

Namun Hansjorg Wyss belum bisa memastikan apakah dia bisa membeli Chelsea.

"Saya harus menunggu empat hingga lima hari sekarang. Abramovich saat ini meminta terlalu banyak," katanya.

Ia menilai saat ini Chelsea berutang sebesar GBP £ 2 miliar. Tapi Chelsea tidak punya uang. "Artinya: Mereka yang membeli Chelsea harus memberi kompensasi kepada Abramovich," katanya."

Ada beberapa ketidakpastian tentang angka pasti yang harus dibayar kepada Abramovich oleh Chelsea sebagai akibat dari pinjaman yang dia berikan kepada klub. 

Sebelumnya Telegraph mengklaim dia berutang £ 1,51 miliar, jauh lebih sedikit dari angka yang disebutkan oleh Hansjorg Wyss.

Hansjorg Wyss menambahkan bahwa dia tidak tahu harga jual yang tepat bagi Chelsea, tetapi ia percaya dirinya mampu membeli Chelsea meskipun bukan sebagai proyek solo atau akan bekerjasama dengan pihak lain.

"Saya bisa membayangkan memulai di Chelsea dengan mitra. Tapi saya harus memeriksa kondisi umum terlebih dahulu," terangnya.

Hansjorg Wyss juga memastikan tidak melakukan pembelian saham Chelsea FC sendirian. "Jika saya membeli Chelsea, maka dengan konsorsium yang terdiri dari enam hingga tujuh investor," tandasnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×