kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dubes Ukraina Sebut Integrasi ke Uni Eropa Akan Perkuat Kemenangan Melawan Rusia


Jumat, 24 Juni 2022 / 12:54 WIB
Dubes Ukraina Sebut Integrasi ke Uni Eropa Akan Perkuat Kemenangan Melawan Rusia
ILUSTRASI. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menyambut Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen. Dubes Ukraina Sebut Integrasi ke Uni Eropa Akan Perkuat Kemenangan Melawan Rusia.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Kiev, Ukraina pasca Uni Eropa secara resmi memberikan status kandidat anggota menjelang digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 atau G7 Summit di Jerman.

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menyampaikan ucapan syukur bahwa pekan lalu Komisi Eropa merekomendasikan Dewan Eropa untuk memberikan status calon Uni Eropa kepada Ukraina. 

“Kami menyambut baik keputusan positif yang datang sebagai hasil dari penilaian berdasarkan prestasi dari Ukraina yang telah menerapkan banyak reformasi dan membuat kemajuan besar di jalur integrasi Eropa,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (24/6).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan beberapa hari yang lalu bahwa minggu ini adalah hari-hari yang bersejarah bagi Ukraina. Tidak saja bagi masa depan Ukraina di Eropa, tetapi masa depan Eropa secara keseluruhan sedang diputuskan.

Baca Juga: PM Jepang Kishida Sebut Dialog dengan China dan Korsel Kunci Stabilitas Kawasan

“Kami menantikan KTT Uni Eropa pada akhir minggu ini yang memberikan status kandidat Uni Eropa kepada Ukraina. Langkah ini akan memberikan harapan bagi rakyat Ukraina di tengah perjuangan kita dan juga membuktikan bahwa Uni Eropa adalah kekuatan global dengan kekuatan transformatif yang kuat dan positif,” tuturnya.

Dengan keputusan kandidat anggota bagi Ukraina, persatuan Uni Eropa akan diperkuat karena akan membuktikan kepemimpinan dan kesiapan Uni Eropa untuk menghadapi tantangan sejarah dimana Rusia melancarkan agresi sejak tiga bulan lalu.

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menjelaskan dengan status kandidat UE akan menempatkan Ukraina ke dalam proyek integrasi Eropa dan mengakhiri dekade ambiguitas pasca menyatakan merdeka dari Uni Soviet.

Sementara bagi Uni Eropa, pemulihan hubungan Ukraina dengan negara-negara Eropa secara praktis akan memperkuat visi Eropa yakni utuh, bebas, dan damai. Ini akan menjadi kontribusi terbesar bagi masa depan Eropa selama bertahun-tahun.

Pemberian status akan menjadi langkah politik yang kuat bagi kedua pihak. Bagi Ukraina keputusan Komisi Eropa akan membawa kemenangan Ukraina lebih dekat dan memberikan sinyal politik yang kuat kepada Rusia bahwa Uni Eropa terus mendukung Ukraina.

Baca Juga: Tandingi Rusia, Presiden Ukraina Minta Barat Percepat Pengiriman Senjata Berat

“Sementara bagi Ukraina, keputusan pemberian status kandidat Uni Eropa akan memberikan dorongan besar untuk transformasi positif lebih lanjut dari negara Ukraina yang sejak 2014 mendapat gangguan dari Rusia,” tuturnya.

Meski demikian, lanjutnya, Ukraina sepenuhnya menyadari bahwa status kandidat UE belum berarti keanggotaan langsung dan masih ada jalan yang harus ditempuh hingga Ukraina memenuhi kriteria Kopenhagen yang diperlukan untuk bergabung dengan UE.

Diketahui Ukraina telah menerapkan sekitar 70% aturan, standar, dan norma Uni Eropa. Kepemimpinan dan masyarakat Ukraina 100% bertekad untuk menerapkan reformasi lebih lanjut agar Ukraina memenuhi kriteria Kopenhagen.

Kriteria Kopenhagen ditetapkan pada Pertemuan Dewan Eropa di Kopenhagen pada Juni 1993 yang menetapkan apakah suatu negara layak untuk bergabung dengan Uni Eropa, kriteria tersebut antara lain meliputi adopsi demokrasi, mempunyai dasar hukum, menghormati Hak Asasi Manusia dan kaum minoritas. 

Negara kandidat Uni Eropa menganut asas ekonomi pasar dan mempunyai kapasitas untuk mengatasi tekanan persaingan dan memiliki kemampuan untuk memenuhi semua kewajiban sebagai anggota Uni Eopa.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×