kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,41   -5,94   -0.64%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Facebook berencana menghapus iklan sensitif mulai awal tahun depan


Rabu, 10 November 2021 / 10:58 WIB
Facebook berencana menghapus iklan sensitif mulai awal tahun depan
ILUSTRASI. Facebook. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Facebook Inc mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya berencana untuk menghapus opsi penargetan iklan yang merujuk pada topik "sensitif", seperti iklan berdasarkan interaksi dengan konten seputar ras, kesehatan, praktik keagamaan, keyakinan politik, atau orientasi seksual.

Perusahaan, yang baru-baru ini mengubah namanya menjadi Meta dan yang menghasilkan sebagian besar pendapatannya melalui iklan digital, telah berada di bawah pengawasan ketat atas kemampuan dan aturan penargetan iklannya dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam posting blog, Facebook memberikan contoh kategori penargetan yang tidak lagi diizinkan di platformnya, seperti "kesadaran kanker paru-paru," "Hari Diabetes Sedunia", "budaya LGBT", "liburan Yahudi" atau keyakinan politik dan masalah sosial. Dikatakan perubahan akan berlangsung mulai 19 Januari 2022.

Perusahaan telah dikritik di sekitar kemampuan penargetan mikronya, termasuk penyalahgunaan seperti pengiklan yang mendiskriminasi atau menargetkan kelompok rentan. Pada 2019, ia setuju untuk membuat perubahan pada platform iklannya sebagai bagian dari penyelesaian masalah diskriminasi perumahan.

"Kami telah mendengar kekhawatiran dari para ahli bahwa opsi penargetan seperti ini dapat digunakan dengan cara yang mengarah pada pengalaman negatif bagi orang-orang dalam kelompok yang kurang terwakili," kata Graham Mudd, wakil presiden pemasaran produk untuk iklan perusahaan, dalam posting tersebut.

Baca Juga: Pengguna ponsel pintar disarankan uninstall Google Chrome, ini alasannya

Kemampuan iklannya yang disesuaikan digunakan oleh pengiklan luas, termasuk kampanye politik dan kelompok masalah sosial serta bisnis. "Keputusan untuk menghapus opsi Penargetan Terperinci ini tidak mudah dan kami tahu perubahan ini dapat berdampak negatif pada beberapa bisnis dan organisasi," kata Mudd dalam posting tersebut.

Pengiklan di platform Facebook masih dapat menargetkan pemirsa berdasarkan lokasi, menggunakan daftar pelanggan mereka sendiri, menjangkau pemirsa khusus yang telah terlibat dengan konten mereka dan mengirim iklan kepada orang-orang dengan karakteristik serupa dengan pengguna tersebut.

Langkah ini menandai perubahan kunci untuk pendekatan perusahaan terhadap iklan sosial dan politik, meskipun tidak diharapkan memiliki implikasi keuangan yang besar. CEO Mark Zuckerberg memperkirakan pada tahun 2019, misalnya, bahwa iklan politisi akan menghasilkan kurang dari 0,5% dari pendapatan Facebook tahun 2020.

Masalah iklan politik di platform media sosial, termasuk apakah konten iklan politisi harus diperiksa faktanya, memicu banyak perdebatan di antara publik, anggota parlemen, dan perusahaan seputar pemilihan presiden AS.

Twitter Incpada tahun 2019 melarang iklan politik sama sekali, tetapi Facebook sebelumnya mengatakan tidak akan membatasi bagaimana pengiklan politik menjangkau calon pemilih.

Facebook, yang sekarang memungkinkan pengguna untuk memilih untuk melihat lebih sedikit iklan yang terkait dengan topik seperti politik dan alkohol, mengatakan pada hari Selasa bahwa awal tahun depan akan memberi orang lebih banyak kontrol atas iklan yang mereka lihat, termasuk yang tentang perjudian dan penurunan berat badan.

Selanjutnya: Facebook plans to remove thousands of sensitive ad-targeting options




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×