kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ford Catat Keuntungan US$ 8,2 Miliar Dari Investasi di Rivian Pada Kuartal IV-2021


Rabu, 19 Januari 2022 / 06:40 WIB
Ford Catat Keuntungan US$ 8,2 Miliar Dari Investasi di Rivian Pada Kuartal IV-2021
ILUSTRASI. Ford cetak keuntungan dari investasinya di Rivian


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Ford Motor Co mengumumkan, telah mendapatkan keuntungan sebesar US$ 8,2 miliar atas investasi yang dilakukan perusahaan di Rivian Automotive Inc. Jumlah tersebut akan termasuk dalam kinerja keuangan Ford di kuartal IV-2021.

Keuntungan yang didapat Ford terjadi menyusul debut pasar blockbuster dari produsen kendaraan listrik tersebut pada bulan November lalu.

Kala itu, saham Rivian melonjak 53% untuk melampaui US$ 100 miliar dalam penawaran umum saham perdana atawa initial public offering (IPO) terbesar tahun 2021. Tetapi saham Rivian telah turun lebih dari 27% sejak saat itu.

Saham ditutup melemah 8,5% pada hari Selasa (18/1), setelah mencapai titik terlemah sejak IPO, di tengah aksi jual saham sektor teknologi yang lebih luas di Wall Street.

Ford, investor awal di Rivian, saat ini memiliki sekitar 12% saham dari perusahaan yang berbasis di California dan telah berlomba menuju elektrifikasi dalam pergeseran dari mobil bertenaga bensin tradisional karena permintaan akan transportasi ramah energi yang melonjak.

Ford pun telah berjanji untuk menginvestasikan lebih dari US$ 30 miliar pada EV pada tahun 2030.

Baca Juga: Saingi Tesla, Volkswagen dan Toyota Investasi Besar-Besaran di Mobil Listrik

Pada tahun 2019, pembuat mobil Detroit berusia 118 tahun itu menginvestasikan dana sekitar US$ 500 juta di Rivian. Rencananya, dana itu digunakan untuk membangun kendaraan listrik bermerek Ford baru, tetapi perusahaan membatalkan rencana itu pada tahun 2021.

Ford, yang melaporkan hasil kuartal keempatnya pada 3 Februari, juga mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka akan mengklasifikasi ulang keuntungan non-tunai kuartal pertama tahun 2021 senilai US$ 900 juta atas investasi Rivian sebagai item khusus.

Reklasifikasi akan mengubah panduan laba setahun penuh yang disesuaikan sebelum bunga dan pajak (EBIT) Ford sebelumnya diperkirakan antara US$ 10,5 miliar dan US$ 11,5 miliar termasuk keuntungan dari investasi di Rivian.

Ford menambahkan, bakal mencatat sekitar US$ 1,7 miliar biaya yang terkait dengan pembelian kembali dan menebus lebih dari US$ 7,6 miliar utang berbiaya tinggi pada kuartal keempat.

Ini juga akan menandai keuntungan non-tunai sekitar US$ 3,5 miliar pada kuartal keempat dan US$ 3,9 miliar untuk setahun penuh, terkait dengan pengukuran ulang pensiun global dan imbalan kerja pasca-pensiun lainnya.

Ford mengatakan, akan melaporkan keuntungan non-tunai senilai US$ 3,6 miliar, sebagian besar karena perubahan dalam struktur pajak globalnya.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×