kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gaza Rata Bak Gurun, Israel Menghadapi Tuduhan Genosida di Pengadilan Internasional


Jumat, 12 Januari 2024 / 04:25 WIB
Gaza Rata Bak Gurun, Israel Menghadapi Tuduhan Genosida di Pengadilan Internasional
ILUSTRASI. Destroyed buildings lie in ruin in the Gaza Strip, amid the ongoing conflict between Israel and the Palestinian Islamist group Hamas, as seen from Israel, January 2, 2024. REUTERS/Amir Cohen 


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - GAZA - Israel menghadapi tuduhan di Pengadilan Dunia pada hari Kamis (11/1) atas tindakan genosida dalam perangnya di Gaza, ketika penduduk pertama kembali ke lokasi kehancuran total di wilayah utara di mana pasukan Israel mulai menarik diri minggu ini.

Pengeboman Israel selama tiga bulan telah menghancurkan sebagian besar daerah kantong pesisir pantai yang sempit, menewaskan lebih dari 23.000 orang dan membuat hampir seluruh penduduk Palestina yang berjumlah 2,3 juta orang meninggalkan rumah mereka. Blokade Israel telah sangat membatasi pasokan makanan, bahan bakar dan obat-obatan, sehingga menciptakan apa yang digambarkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sebagai bencana kemanusiaan.

Kasus tragedi kemanusiaan di Gaza ini yang memantik rasa kemanusiaan Afrika Selatan untuk menyeret Israel ke International Court of Justice (ICJ) di Den Haag. Afrika Selatan menuduh Israel melanggar konvensi genosida tahun 1948, yang diberlakukan setelah kasus dugaan pembunuhan massal orang-orang Yahudi dalam Holocaust. Konvensi itu mengamanatkan semua negara untuk memastikan tidak terjadi pembunuhan serupa dan agar kejahatan tidak pernah terulang kembali.

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengatakan negaranya terdorong untuk mengangkat kasus ini karena “pembantaian rakyat Gaza yang terus berlanjut”, dan termotivasi oleh sejarah apartheid Afrika Selatan sendiri.

“Israel mempunyai niat melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza,” kata Tembeka Ngcukaitobi, advokat Pengadilan Tinggi Afrika Selatan, kepada pengadilan di Den Haag. “Niat untuk menghancurkan Gaza telah dipupuk di tingkat tertinggi negara.”

Beberapa negara berkembang, termasuk Brasil, mendukung Afrika Selatan.

Pejabat Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan kepada Reuters: "Kami mendesak pengadilan untuk menolak semua tekanan dan mengambil keputusan untuk mengkriminalisasi pendudukan Israel dan menghentikan agresi di Gaza."

Di Rafah, di Gaza selatan di mana jenazah anggota keluarga al-Arjany yang terbunuh semalam, termasuk tiga anak kecil, disebarkan di luar kamar mayat, para tetangga mengatakan pengadilan harus turun tangan untuk menghentikan perang.

"Kepada ICJ: apa kesalahan bayi ini?" kata tetangganya, Khamis Kelab, sambil menggendong tubuh terkecil yang terselubung itu dalam pelukannya sementara para wanita meratap di dekatnya.

"Apa yang dilakukan gadis ini? Kejahatan apa yang dilakukannya? Apakah dia teroris? Apakah bayi ini menembakkan roket?" dia berkata. “Dia berada di dalam tenda, dalam cuaca yang sangat dingin, dia terkena serangan, bayi ini baru berumur beberapa hari, kalian sekalian.”

Bantahan Israel dan Sekutu

Israel mengatakan satu-satunya cara untuk mempertahankan diri adalah dengan mengalahkan pejuang kemerdekaan Palestina Hamas, kelompok yang menguasai Gaza, yang para pejuangnya bersumpah demi kehancuran Israel menyerbu komunitas Israel pada 7 Oktober 2023. Serangan pejuang Hamas diklaim Israel telah menewaskan 1.200 orang dan menyandera 240 orang. Israel menyalahkan pejuang Hamas atas semua kerugian yang dialami warga sipil karena beroperasi di antara mereka, namun hal ini dibantah oleh para pejuang.

Juru bicara pemerintah Israel, Eylon Levy, membandingkan gugatan tersebut dengan teori konspirasi antisemit yang telah berusia berabad-abad yang secara salah menuduh orang-orang Yahudi membunuh bayi untuk ritual: "Negara Israel akan hadir di hadapan Mahkamah Internasional untuk menghilangkan fitnah darah yang tidak masuk akal di Afrika Selatan, seperti yang disampaikan oleh Pretoria dalam konteks politik. dan perlindungan hukum terhadap rezim pemerkosa Hamas."

Sidang pendahuluan minggu ini akan mempertimbangkan apakah pengadilan harus memerintahkan Israel untuk berhenti berperang sementara pengadilan menyelidiki keseluruhan kasus tersebut.

Kasus ini mengungkap polarisasi internasional yang mencolok. Beberapa negara Barat bergabung dengan Washington dalam menyebut tuduhan genosida terhadap Israel tidak dapat dibenarkan, terutama mengingat kejamnya serangan Hamas yang memicu perang tersebut.

“Faktanya, mereka yang menyerang Israel dengan kekerasanlah yang terus secara terbuka menyerukan pemusnahan Israel dan pembunuhan massal terhadap orang-orang Yahudi,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matt Miller.

Komentar Netanyahu 

Meskipun Washington mendukung kampanye militer Israel karena dibenarkan oleh hak mereka untuk membela diri, Washington juga meminta sekutunya untuk mengurangi perang, berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil, dan menjaga harapan negara Palestina merdeka di masa depan.

Minggu ini, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengunjungi wilayah tersebut, bertemu dengan para pejabat Israel dan Palestina serta para pemimpin negara-negara Arab yang bertetangga, membela kampanye Israel untuk memberantas Hamas tetapi mendorongnya untuk bekerja sama dengan Otoritas Palestina (PA), yang mengakui Israel.

Israel tidak jelas mengenai niat utamanya namun mengatakan pihaknya menginginkan kendali keamanan atas Gaza tanpa batas waktu dan tidak akan menyerahkannya kepada PA, yang menjalankan pemerintahan sendiri secara terbatas di Tepi Barat yang diduduki Israel namun diusir dari Gaza pada tahun 2007 oleh Hamas. .

Beberapa anggota sayap kanan dari pemerintahan koalisi Netanyahu secara terbuka menyerukan agar warga Palestina meninggalkan Gaza dan warga Israel untuk menetap di sana secara permanen. Dalam postingannya di X, Netanyahu menegaskan bahwa ini bukanlah tujuan Israel.

“Israel tidak berniat menduduki Gaza secara permanen atau menggusur penduduk sipilnya,” tulisnya. “Israel memerangi teroris Hamas, bukan penduduk Palestina, dan kami melakukannya dengan sepenuhnya mematuhi hukum internasional.”

Membangun kembali Gaza

Sejak Tahun Baru, Israel telah mengumumkan fase baru dalam perang tersebut, dengan mulai menarik pasukan di bagian utara Jalur Gaza tempat serangannya dimulai. Meski begitu, pertempuran semakin intensif di wilayah selatan.

Kondisi yang relatif tenang di bagian utara telah menyebabkan penduduk mulai berdatangan kembali ke kota-kota yang sudah tidak ada lagi, dan menemukan pemandangan seperti bulan yang sering kali hanya memiliki sedikit jejak bekas rumah yang pernah berdiri.

Yousef Fares, seorang jurnalis lepas, memfilmkan dirinya berjalan melalui gurun yang dikelilingi reruntuhan hangus yang dulunya merupakan bagian dari Kota Gaza, rumah bagi hampir satu juta orang. Beberapa warga sipil lewat, beberapa diantaranya berjalan terhuyung-huyung saat mengendarai sepeda melewati jalur yang melintasi lumpur.

“Semua rumah yang Anda lihat hancur, seluruhnya atau sebagian,” katanya.

“Kami sekarang berada di pemakaman tua Tuffah, yang berusia lebih dari 100 tahun. Semua kuburan itu telah digali, ditabrak oleh buldoser dan tank Israel. Orang-orang datang dari berbagai wilayah di Kota Gaza untuk mencari jenazah mereka. anak laki-laki."

Abu Ayesh, yang kembali ke wilayah terdekat Kota Gaza, mengatakan kepada Reuters melalui telepon bahwa kehancurannya “seperti gempa bumi”.

“Saya katakan kepada (Perdana Menteri Israel Benjamin) Netanyahu bahwa Gaza akan dibangun kembali, kami akan membangun rumah kami dan kami akan menguburkan kembali orang-orang yang meninggal.”

Selanjutnya: 4 Oleh-Oleh Menyenangkan yang Dibawa Menteri Agama dari Arab Saudi

Menarik Dibaca: Jawa,Bali&Nusa Tenggara Ini Prakiraan Cuaca Hujan di Indonesia 12&13 Januari 2024




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×