kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Goldman Sachs sepakat akan bayar US$ 3,9 miliar ke Malaysia atas skandal 1MDB


Jumat, 24 Juli 2020 / 19:28 WIB
Goldman Sachs sepakat akan bayar US$ 3,9 miliar ke Malaysia atas skandal 1MDB
ILUSTRASI. FILE PHOTO: The ticker symbol and logo for Goldman Sachs is displayed on a screen on the floor at the New York Stock Exchange (NYSE) in New York, U.S., December 18, 2018. REUTERS/Brendan McDermid/File Photo


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -KUALA LUMPUR.  Bank investasi  A.S. Goldman Sachs sepakat  akan membayar US$ 3,9 miliar  ke Pemerintah Malaysia atas skandal 1MDB bernilai miliaran dollar.

Kesepakatan antara Goldman dana Malaysia ini terjadi pada Jumat, 24 Juli 2020. Kesepakatan tersebut antara lain, pembayaran tunai sebesar US $ 2,5 miliar oleh Goldman serta jaminan dari bank untuk mengembalikan setidaknya $ 1,4 miliar dalam  bentuk aset terkait  obligasi 1MDB.

Dalam pernyataan resminya, Kementerian Keuangan Malaysia menyatakan, pengembalian uang  dari Goldman Sach ini lebih besar upaya sebelumnya. “Kesepakatan ini lebih besar dibandingkan upaya mengembalikan dana sebelumnya  yang jauh di bawah  ekspektasi," kata Menteri Keuangan Tengku Zafrul Aziz dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Mantan PM Malaysia Najib Razak harus membayar tunggakan pajak senilai Rp 5,8 triliun

Menteri Keuangan Zafrul mengaku senang bisa menyelesaikan masalah 1MDB di luar pengadilan, yang akan menghabiskan banyak waktu, uang, dan sumber daya.

Dengan kesepakatan tersebut, :”Ini akan menyelesaikan semua dakwaan dan klaim terhadap Goldman Sachs,” ujar Menteri Keuangan Malaysia.

Penuntut Malaysia mengajukan tuntutan ke tiga unit Goldman Sach pada Desember 2018 terhadap tiga unit Goldman Sachs. Mereka diduga telah menyesatkan investor atas penjualan obligasi senilai US$ 6,5 miliar yang bank kumpulkan untuk dana kekayaan negara 1MDB (1Malaysia Development Bhd).

Goldman Sachs secara konsisten membantah melakukan kesalahan, dengan mengatakan bahwa beberapa anggota mantan pemerintah Malaysia dan 1MDB telah berbohong tentang hasil dari penjualan obligasi akan digunakan. Unit Goldman Sachs mengaku tidak bersalah atas tuduhan itu.

Goldman Sachs juga mengkonfirmasi telah penyelesaian dengan kesempatan US$ 3,9 miliar dan mengatakan telah mencapai kesepakatan secara prinsip dengan Malaysia untuk menyelesaikan semua proses pidana dan peraturan di negara yang melibatkan perusahaan ini.

Pemerintah AS dan Malaysia mengatakan sekitar US$ 4,5 miliar dicuri dari 1MDB, dalam skema rumit yang di seluruh dunia dan melibatkan mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan Goldman Sachs.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×