kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Hadapi corona, BIll Gates galang donasi agar siswa miskin bisa belajar di rumah


Kamis, 26 Maret 2020 / 06:02 WIB
Hadapi corona, BIll Gates galang donasi agar siswa miskin bisa belajar di rumah
ILUSTRASI. William Henry 'Bill' Gates III.

Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Bill Gates menggalang donasi untuk menunjang kegiatan belajar jarak jauh bagi siswa-siswi di Amerika Serikat. Ajakan itu dia sampaikan melalui blog pribadi Gatesnotes.com.

Bill menulis bahwa saat ini setidaknya 55 juta siswa di Amerika Serikat tidak dapat pergi ke sekolah karena wabah COVID-19. Ini berarti bahwa, di seluruh negeri, para guru harus menemukan cara-cara kreatif untuk membuat siswa mereka tetap belajar.

Baca Juga: Bill Gates: Pengujian virus corona oleh Amerika tidak terorganisir

Satu hal paling menarik adalah sudut pandang Bill terhadap belajar jarak jauh ini. Dia melihat kegiatan belajar di rumah sulit dilakukan oleh siswa-siswi miskin yang tidak memiliki perlengkapan untuk itu.

"Itulah sebabnya saya dan Melinda bermitra dengan DonorsChoose.org untuk membantu memberikan sumber daya penting kepada siswa dan guru yang membutuhkannya," ungkap dia.

Program donasi ini dia namai Keep Kids Learning.

Bill memasang target memberikan donasi US$ 1.000 kepada sebanyak mungkin guru di sekolah-sekolah yang selama ini menyediakan makan siang gratis atau murah.

Guru-guru yang akan menerima donasi tersebut diharapkan menggunakannya untuk mengirimkan apapun kebutuhan penunjang belajar di rumah yang diperlukan siswa ke rumah masing-masing. 

Baca Juga: Corona kian mewabah di AS, Bill Gates: Amerika harus lakukan lockdown

Buku, alat peraga pelajaran, sembako, bahkan makanan siap santap mungkin dikirimkan ke siswa yang membutuhkan, terserah keputusan si guru penerima donasi. 

Bill mengajak khalayak turut menyumbang pada program ini. Terhadap setiap sumbangan, dia dan istrinya Melinda akan menggandakannya.

"Tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk memberi," tantang Bill. Dia berharap program ini mampu menghimpun dana setidaknya sebanyak US$1 juta.

DonorsChoose yang digandeng sebagai penampung dana tidak akan meminta fee atas kegiatan ini, sehingga 100% sumbangan akan digunakan untuk persediaan untuk guru dan siswa mereka.



TERBARU

[X]
×