kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hamas Telah Membebaskan 13 Sandera Israel, 3 Warga Thailand, dan Rusia


Senin, 27 November 2023 / 00:14 WIB
Hamas Telah Membebaskan 13 Sandera Israel, 3 Warga Thailand, dan Rusia
ILUSTRASI. A Palestinian man looks at the site of an Israeli strike on a mosque, amid the ongoing conflict between Israel and Palestinian Islamist group Hamas, in Khan Younis in the southern Gaza Strip November 15, 2023. REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - YERUSALEM. Hamas mengatakan pada hari Minggu (26/11) bahwa mereka telah menyerahkan 13 sandera Israel, tiga warga negara Thailand, dan seorang berkewarganegaraan Rusia yang ditahan di Jalur Gaza kepada Palang Merah pada hari ketiga gencatan senjata.

Pembebasan beberapa sandera yang ditangkap ketika para pejuang Hamas menyerang di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober diperkirakan akan diikuti dengan pembebasan 39 tahanan Palestina lainnya, seperti yang terjadi pada hari-hari sebelumnya dalam gencatan senjata.

Gencatan senjata selama empat hari ini merupakan gencatan senjata pertama dalam pertempuran selama tujuh minggu terakhir sejak Hamas menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 240 orang di Gaza.

Menanggapi serangan tersebut, Israel bersumpah untuk menghancurkan militan Hamas yang menguasai Gaza, membombardir daerah kantong tersebut dan melancarkan serangan darat di bagian utara.

Baca Juga: Elon Musk akan Bertemu dengan Para Pemimpin Israel pada hari Senin (27/11)

Sekitar 14.800 warga Palestina telah terbunuh, menurut otoritas kesehatan Gaza dan ratusan ribu lainnya mengungsi.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Minggu bertemu dengan pasukan keamanan di dalam Jalur Gaza dan mengindikasikan bahwa perang ini masih jauh dari selesai.

"Tidak ada yang akan menghentikan kami, dan kami yakin bahwa kami memiliki kekuatan, kekuatan, kemauan dan tekad untuk mencapai semua tujuan perang, dan itulah yang akan kami lakukan," katanya.

Netanyahu diperkirakan akan berbicara dengan Presiden AS Joe Biden pada hari Minggu.

Petani Palestina Dibunuh

Pembunuhan seorang petani Palestina di Jalur Gaza tengah telah menambah kekhawatiran akan rapuhnya gencatan senjata.

Petani tersebut terbunuh ketika menjadi sasaran pasukan Israel di sebelah timur kamp pengungsi Maghazi yang telah lama berdiri di Gaza, demikian ungkap Bulan Sabit Merah Palestina.

Baca Juga: Bandara Damaskus Menjadi Sasaran Serangan Udara Israel

Pada catatan yang lebih positif, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan bahwa ada "alasan untuk percaya" bahwa seorang sandera AS akan dibebaskan dari tawanan di Gaza pada hari Minggu. Sullivan menolak untuk memberikan identitas sandera tersebut.

Tiga belas warga Israel dan empat warga negara Thailand tiba di Israel pada hari Minggu pagi setelah pembebasan kedua sandera yang ditahan oleh Hamas menyusul penundaan awal yang disebabkan oleh perselisihan tentang pengiriman bantuan ke Gaza.

Mesir dan Qatar bertindak sebagai mediator pada hari Sabtu untuk mempertahankan gencatan senjata.

Sayap bersenjata Hamas juga mengatakan pada hari Minggu bahwa empat komandan militernya di Jalur Gaza telah terbunuh, termasuk komandan brigade Gaza Utara, Ahmad Al Ghandour. Tidak disebutkan kapan mereka terbunuh.

Qatar, Mesir dan Amerika Serikat mendesak agar gencatan senjata diperpanjang setelah hari Senin, namun belum jelas apakah hal itu akan terjadi.

Israel mengatakan gencatan senjata dapat diperpanjang jika Hamas terus membebaskan setidaknya 10 sandera per hari. Sebuah sumber Palestina mengatakan bahwa hingga 100 sandera dapat dibebaskan.

Baca Juga: Tentara Israel Tembak 6 Warga Palestina di Tepi Barat

Kekerasan di Tepi Barat

Enam dari 13 warga Israel yang dibebaskan pada hari Sabtu adalah perempuan dan tujuh lainnya adalah remaja atau anak-anak.

Yang termuda adalah Yahel Shoham yang berusia tiga tahun, yang dibebaskan bersama ibu dan saudara laki-lakinya, meskipun ayahnya masih menjadi sandera.

Israel membebaskan 39 orang Palestina - enam wanita dan 33 remaja - dari dua penjara, kata kantor berita Palestina, WAFA.

Beberapa warga Palestina tiba di Alun-Alun Kota Al-Bireh di Ramallah, Tepi Barat yang diduduki Israel, di mana ribuan warga telah menanti mereka, kata wartawan Reuters.

Kekerasan berkobar di Tepi Barat di mana pasukan Israel menewaskan tujuh orang Palestina, termasuk dua anak di bawah umur dan sedikitnya satu orang bersenjata, pada hari Sabtu dan Minggu dini hari, kata petugas medis dan sumber-sumber lokal.

Baca Juga: Perselisihan Bantuan Selesai, Pembebasan Sandera di Gaza Kembali Dilakukan

Bahkan sebelum serangan 7 Oktober dari Gaza, Tepi Barat telah berada dalam kondisi kerusuhan, dengan meningkatnya serangan tentara Israel, serangan Palestina, dan kekerasan oleh pemukim Israel dalam 18 bulan terakhir.

Lebih dari 200 warga Palestina telah terbunuh di Tepi Barat sejak 7 Oktober, beberapa di antaranya akibat serangan udara Israel.

Pertukaran pada hari Sabtu ini menyusul pembebasan awal 13 sandera Israel, termasuk anak-anak dan orang tua, oleh Hamas sebagai imbalan atas pembebasan 39 wanita dan remaja Palestina dari penjara Israel.

Keempat warga Thailand yang dibebaskan pada hari Sabtu "ingin mandi dan menghubungi keluarga mereka", kata Perdana Menteri Srettha Thavisin di platform media sosial X. Semuanya aman dan menunjukkan sedikit efek buruk, katanya.

"Saya sangat bahagia, saya sangat senang, saya tidak bisa menggambarkan perasaan saya sama sekali," kata Thongkoon Onkaew kepada Reuters melalui sambungan telepon setelah berita pembebasan putranya, Natthaporn, 26 tahun, yang merupakan pencari nafkah utama dalam keluarga.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×