kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hankook Tire Gelontorkan US$ 1,6 Miliar untuk Perluas Kapasitas Pabrik Ban di Amerika


Senin, 26 September 2022 / 14:37 WIB
Hankook Tire Gelontorkan US$ 1,6 Miliar untuk Perluas Kapasitas Pabrik Ban di Amerika
ILUSTRASI. Hankook Tire Gelontorkan US$ 1,6 Miliar untuk Perluas Kapasitas Pabrik Ban di Amerika Serikat


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - NASHVILLE. Perusahaan ban terkemuka global Hankook Tire mengumumkan pada akhir Agustus 2022 lalu bahwa dewan direksi telah menyetujui investasi sebesar US$ 1,6 miliar untuk memperluas pabrik Tennessee yang berlokasi di Clarksville, Tenn.

Sebelumnya, investasi ini mencakup ekspansi tahap kedua yang akan menggandakan kapasitas produksi ban mobil penumpang dan truk ringan (PC/LT) Hankook, sekaligus menambah ekspansi tahap ketiga dengan produksi pertama ban Truk Bus dan Radial (TBR) di Amerika Serikat (AS). Penambahan proyek perluasan tahap ketiga akan membawa 400 lapangan pekerjaan baru ke daerah Clarksville dengan total 1.200 pekerjaan baru secara keseluruhan.

Hankook akan menggandakan produksi PC/LT hingga 11 juta unit dan memungkinkan untuk memproduksi hingga 1 juta ban TBR setiap tahunnya di AS. Ekspansi ini mengeluarkan total investasi Hankook sebesar US$ 2,2 miliar di lokasi tersebut dengan komitmen untuk menyediakan ban berkualitas tinggi dan layanan terdepan di industri kepada para dealer ban maupun konsumen guna memenuhi permintaan pasar Amerika sambil mendukung mitra Original Equipment (OE) yang saat ini ada maupun yang akan datang.

Baca Juga: Ini Fokus Bisnis Hankook Tire di Tahun 2022

“Investasi di pabrik Tennessee menunjukkan pertumbuhan Hankook di Amerika Serikat dan bukti komitmen untuk melayani pelanggan kami,” ujar Sooil Lee, CEO Hankook Tire & Technology sekaligus President of Hankook Tire America Corp dalam siaran pers yang diterima Kontan, Senin (26/9).

Ia menambahkan, melalui fokus pada konstruksi yang berkelanjutan dan manufaktur inovatif, tahap baru pabrik Tennessee ini akan menyediakan rantai pasok lokal ke lokal yang efektif untuk memenuhi permintaan pelanggan secara lebih efektif. "Selain itu, kami sangat bangga karena dapat terus mendukung ekonomi lokal dengan menghadirkan 1.200 pekerjaan baru di area Clarksville,” imbuh dia.

Sejak pabrik canggih Hankook dibuka pada Oktober 2017 di Tennessee, Hankook telah memproduksi 5,5 juta ban setiap tahun untuk pasar Amerika Utara dan menghasilkan 950 pekerjaan. Pasar Amerika Utara menyumbang lebih dari 28% dari total penjualan Ban Hankook pada tahun 2021.

Rob Williams, Senior Vice President, North America Sales, Hankook Tire America Corp menyebut, perluasan produksi ini merupakan langkah yang penting untuk pertumbuhan pasar truk menengah sehingga menjadikan Hankook sebagai salah satu produsen yang memproduksi produk TBR di AS.

“Alhasil, kami dapat memenuhi kebutuhan basis dealer kami yang terus berkembang dan armada yang melayani jalur pelayaran Amerika Utara dengan lebih baik,” jelas dia.

Baca Juga: Hankook Tire Tawarkan Inovasi Smartec untuk Mengatasi Keausan Ban Kendaraan Niaga

Hankook diharapkan akan melakukan terobosan pada pabrik baru di awal 2023, tergantung pada kesepakatan, persetujuan peraturan, dan kondisi lainnya. Produksi ban di tahap baru akan dimulai pada kuartal IV-2024 dan mencapai kapasitas penuh pada awal 2026.

“Brand global seperti Hankook Tire memilih untuk menginvestasikan ke pabrik Tennesse karena iklim bisnis kami yang kuat, tenaga kerja yang terampil, dan lokasinya di pusat,” kata Gubernur Tennessee Bill Lee.

Pabrik Tennessee Hankook berlokasi di luar International Boulevard, di bagian selatan Corporate Business Park. Beroperasi pada 8 lokasi produksi di 5 negara di dunia termasuk Amerika Serikat , Hongaria, Indonesia, China, dan Korea, saat ini Hankook Tire memiliki kapasitas produksi global tahunan sekitar 100 juta unit. Melalui ekspansi di Pabrik Tennessee, perusahaan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi hingga 106,5 juta unit.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×