kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,98   5,63   0.61%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hong Kong: Dari Nol Kasus Covid, Kini Catat Angka Kematian Corona Tertinggi Dunia


Rabu, 16 Maret 2022 / 05:15 WIB
Hong Kong: Dari Nol Kasus Covid, Kini Catat Angka Kematian Corona Tertinggi Dunia


Sumber: ABC News,NBC News | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Wabah pandemi terburuk di Hong Kong tidak terjadi sampai tahun 2022.

Mengutip NBC News, kondisi di Hong Kong saat ini sangat memprihatinkan. Rumah sakit dan kamar mayat penuh, dengan mayat-mayat dibiarkan tanpa pengawasan di lorong-lorong dan di kamar-kamar dengan pasien yang masih hidup. 

Petugas kesehatan melaporkan kelelahan dan semangat kerja yang rendah karena mereka bekerja 80 jam seminggu. 

Menurut Our World in Data, panti jompo tampak tak terurus. Dengan tingkat vaksinasi yang rendah di antara kalangan orang tua, hal itu mendorong angka kematian per kapita Covid-19 Hong Kong melonjak ke yang tertinggi di dunia.

Calvin Kong, seorang dokter darurat di rumah sakit umum, mengatakan dia dan rekan-rekannya berada di "neraka hidup" yang membangkitkan hari-hari awal pandemi di Wuhan, kota China tengah tempat virus corona pertama kali terdeteksi pada akhir 2019.

Baca Juga: China Kewalahan dalam Bertempur Melawan COVID-19, Apa yang Terjadi?

“Kami memiliki begitu banyak waktu dan pengalaman, tetapi kami masih harus menderita kerusakan sistem perawatan kesehatan,” katanya. “Otoritas kesehatan belum belajar pelajaran setelah dua tahun.”

Wabah tersebut, didorong oleh varian omicron yang lebih menular, telah mengejutkan wilayah China. Padahal, negara tersebut telah menetapkan strategi pengujian massal “nol-Covid”, pelacakan kontak, penutupan perbatasan, dan persyaratan karantina yang ketat menjaga kasus dan kematian seminimal mungkin. 

Para ahli sebelumnya menyetujui bahwa pendekatan untuk Hong Kong di awal pandemi sangat masuk akal. Para kritikus mengatakan, hal itu juga yang menimbulkan rasa puas diri, dan pemerintah tidak siap dengan wabah yang banyak diperingatkan tidak dapat dihindari.

Baca Juga: Varian Omicron Terus Menyebar, COVID-19 di China Jadi Tak Terkendali

"Langkah-langkah 'nol-Covid' pada akhirnya tidak akan menghentikan virus masuk. Mereka hanya akan menundanya," kata Ben Cowling, ketua profesor epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hong Kong. 

Dia menambahkan, “Di Hong Kong, kami tidak akan dapat menghentikan wabah setelah itu terjadi, dan itulah yang terjadi sekarang.”

Omicron memporakporandakan Hong Kong yang padat penduduknya seperti yang terjadi di tempat lain di dunia. 




TERBARU

[X]
×