kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45974,33   -17,61   -1.78%
  • EMAS991.000 0,71%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Houthi Serang Fasilitas Saudi Aramco, Produksi Kilang Alami Penurunan


Senin, 21 Maret 2022 / 14:01 WIB
Houthi Serang Fasilitas Saudi Aramco, Produksi Kilang Alami Penurunan
ILUSTRASI. Api berkobar di kejauhan setelah serangan pesawat tak berawak oleh kelompok Houthi di fasilitas pemrosesan minyak Saudi Aramco, di Buqayq, Arab Saudi, 14 September 2019, dalam foto ini yang diambil dari video media sosial yang diperoleh REUTERS.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - RIYADH. Kelompok Houthi Yaman menembakkan rudal dan pesawat tak berawak ke fasilitas energi Arab Saudi, menyebabkan penurunan sementara produksi di kilang tetapi tidak ada korban.

Serangan drone menghantam terminal distribusi produk minyak bumi di wilayah Jizan, fasilitas gas alam dan kilang Yasref di Yanbu, Kementerian Energi Arab Saudi mengatakan dalam sebuah pernyataan Minggu (20/3).

"Serangan terhadap fasilitas Yasref telah menyebabkan pengurangan sementara dalam produksi kilang, yang akan dikompensasikan dari cadangan," kata Kementerian Energi Arab Saudi, seperti dikutip Reuters.

Fasilitas Yasref merujuk pada Yanbu Aramco Sinopec Refining Company, perusahaan patungan antara Saudi Aramco dan China Petrochemical Corporation (Sinopec ).

CEO Saudi Aramco Amin Nasser kepada Reuters melalui sambungan telepon memastikan, pendapatan perusahaan dan pasokan ke pelanggan tidak ada terdampak dari serangan tersebut.

Baca Juga: Bantu UEA dari Serangan Rudal Houthi, AS Kirim Kapal Perusak dan Jet Tempur

Koalisi militer pimpinan Arab Saudi yang telah memerangi Houthi di Yaman selama tujuh tahun mengatakan, serangan pada Sabtu (19/3) malam dan Minggu (20/3) pagi juga menargetkan pabrik desalinasi air di Al-Shaqeeq, pembangkit listrik di Dhahran al Janub, dan fasilitas gas di Khamis Mushait.

Kemudian pada Minggu, fasilitas distribusi Saudi Aramco lainnya di Kota Jeddah diserang, yang menyebabkan kebakaran di salah satu tangki, menurut koalisi militer pimpinan Arab Saudi. Api bisa dikendalikan dan tidak menimbulkan korban.

Juru bicara militer Houthi Yahya Sarea mengungkapkan, kelompoknya telah menembakkan rudal balistik dan bersayap serta pesawat tak berawak ke fasilitas Saudi Aramco di Kota Riyadh, Yanbu, dan "daerah lain", diikuti dengan serangan terhadap "target vital" di wilayah Arab Saudi lainnya.

Koalisi militer pimpinan Arab Saudi menyebutkan, penyelidikan awal menunjukkan, Houthi menggunakan rudal jelajah buatan Iran untuk menyerang pabrik desalinasi dan pusat distribusi milik Saudi Aramco. 

Hanya, sistem pertahanan udara Arab Saudi berhasil mencegat sembilan rudal balistik dan drone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×