kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

IMF: Dampak perang dagang ke ekonomi dunia bisa setara dengan ekonomi Swiss


Jumat, 18 Oktober 2019 / 10:42 WIB

IMF: Dampak perang dagang ke ekonomi dunia bisa setara dengan ekonomi Swiss
ILUSTRASI. U.S. President Donald Trump shakes hands with Chinas President Xi Jinping before starting their bilateral meeting during the G20 leaders summit in Osaka, Japan, June 29, 2019. REUTERS/Kevin Lamarque


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Dampak dari perang dagang Amerika Serikat dengan China bisa mengurangi porsi perekonomian global sebanyak perekonomian Swiss. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgiva.

"Pada 2020, besaran tarif yang sudah berlaku atau diumumkan bakal membuat pertumbuhan ekonomi global merosot 0,8%. Angka tersebut setara dengan perekonomian Swiss," ujar dia seperti dikutip dari CNBC, Jumat (18/10/2019).

Perang dagang antara AS dan China telah terjadi lebih dari 18 bulan, meski keduanya telah melakukan berbagai proses negosiasi. Kedua belah pihak, di sisi lain juga terus melakukan aksi balas tarif untuk produk impor di masing-masing negara.

Baca Juga: China: Kalau mau ada kesepakatan, AS harus cabut tarif

Meski bulan lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan kedua negara telah mencapai kesepakata substantif. Namun, hingga saat ini hal tersebut masih dipertanyakan lantaran tidak ada penjelasan yang lebih detil.

"Ketertarikan pada kesepakatan dimotivasi oleh tujuan yang sangat sederhana dan umum, [itu] bermanfaat bagi ekonomi kedua negara," kata Georgieva.

“Lebih membantu ke China. China lebih terbuka terhadap AS dan lebih bergantung pada hubungan perdagangan dengan AS, tetapi juga negatif untuk AS," jelas dia.

IMF mengatakan beberapa hari lalu dalam World Economic Outlook terbaru bahwa proyeksi menunjukkan pertumbuhan ekonomi 2019 sebesar 3,0%, turun dari 3,2% dalam perkiraan Juli. Ini sebagian besar karena meningkatnya dampak dari perang perdagangan AS-China.

Baca Juga: China kembali menjual surat utang AS pada bulan Agustus

Prediksi tersebut adalah yang terendah sejak krisis keuangan lebih dari satu dekade lalu. "Jadi motivasi untuk menemukan jalan menuju kesepakatan berasal dari fakta bahwa ekonomi dunia sedang melambat, kita berada dalam perlambatan yang tersinkronisasi," kata Georgieva.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "IMF: Dampak Perang Dagang ke Ekonomi Dunia Bisa Setara Ekonomi Swiss"
Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan


Sumber : Kompas.com
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan


Close [X]
Close [X]
×