kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indeks Saham Infrastruktur China Melesat Dalam Sepekan Terakhir


Minggu, 13 Februari 2022 / 12:01 WIB
Indeks Saham Infrastruktur China Melesat Dalam Sepekan Terakhir
ILUSTRASI. Indeks Infrastruktur CSI 300 naik lebih dari 8% minggu lalu ke level tertinggi hampir tiga tahun.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Beberapa Investor bertaruh bahwa pesta belanja infrastruktur yang direncanakan China untuk meningkatkan ekonominya bisa berarti reli di saham konstruksi dan material memiliki ruang lebih lanjut.

Mengutip Bloomberg (13/2), Indeks Infrastruktur CSI 300 naik lebih dari 8% minggu lalu ke level tertinggi hampir tiga tahun. Kenaikan ini mengalahkan benchmark yang lebih luas dengan selisih yang lebar.

Rekor data pinjaman bank pada bulan Januari juga menjadi pertanda baik untuk saham infrastruktur. Peningkatan pinjaman dan penerbitan obligasi menunjukkan konstruksi telah meningkat.

Baca Juga: Mayoritas Bursa Asia Melemah Pada Jumat (11/2), Tertekan Lonjakan Inflasi AS

Adapun, ada beberapa sektor yang diuntungkan dari beberapa proyek infrastruktur seperti contoh perusahaan telekomunikasi. Mengingat, pemerintah China menggandakan upayanya untuk memperluas infrastruktur baru yang berfokus pada 5G, pusat data, dan kecerdasan buatan. 

Masterplan 2020 menunjukkan investasi semacam ini akan mencapai US$ 1,4 triliun hingga 2025. Sementara, Lebih dari 13 provinsi telah meluncurkan rencana untuk membangun total 425.000 BTS 5G pada tahun 2022

Itu pertanda baik bagi perusahaan telekomunikasi. Harga saham China Mobile Ltd naik 16% tahun ini. Penyedia layanan informasi Guangdong Aofei Data Technology Co juga akan diuntungkan oleh proyek pemerintah. Perusahaan komputasi awan Beijing Advanced Digital Technology Co juga melonjak lebih dari 30% minggu lalu. SenseTime Group di Hong Kong, Iflytek Co dan Hangzhou Hikvision Digital Technology Co juga merupakan penerima manfaat potensial.

Baca Juga: BMW Jadi Pengendali di Perusahaan Patungan Dengan Mitra China, BMW Brilliance

Selain itu, saham-saham perusahaan-perusahaan lingkungan juga bisa naik karena ada rencana pemerintah untuk meningkatkan pengolahan air dan pembuangan limbah serta memodernisasi fasilitas tersebut. Pemroses limbah dan limbah padat Fujian Haixia Environmental Protection Group naik 19% minggu lalu. Harga saham perusahaan pencegahan polusi GAD Environmental Technology juga naik dengan besaran yang sama.

Terakhir, ada juga perusahaan-perusahaan konstruksi yang bakal turut mengambil cuan karena ada proyek-proyek baru dari pemerintah daerah terkait pembangunan jalan raya, jalur kereta api, dan pusat-pusat transportasi.

Beberapa perusahaan pun sudah memenangkan proyek-proyek besar. Contohnya, China Railway Signal & Communication, China Railway Construction, dan China State Construction Engineering yang mengungkapkan kesepakatan tersebut selama beberapa minggu terakhir.

Berbagai proyek ini kemungkinan akan menjadi hal positif juga bagi pembuat baja dan semen seperti Angang Steel dan Gansu Shangfeng Cement, serta pembuat peralatan penggalian termasuk Sany Heavy Industry Co.

Baca Juga: Pemerintah Larang IPO di Luar Negeri, Startup China Berburu Investor Swasta




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×