kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Larang IPO di Luar Negeri, Startup China Berburu Investor Swasta


Rabu, 09 Februari 2022 / 15:43 WIB
Pemerintah Larang IPO di Luar Negeri, Startup China Berburu Investor Swasta
ILUSTRASI. Bendera China. REUTERS/Tingshu Wang


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Aturan keras China terhadap perusahaan lokal yang IPO di luar negeri telah mengacaukan rencana startup yang ingin go publik. Akibat, perusahaan-perusahaan rintisan beralih berburu investor di kawasan Asia yang punya pasar modal berkembang. 

JP Morgan memperkirakan penggalangan dana dari pemodal swasta seperti Blacstone, PAG dan TPG untuk startup Asia melonjak lebih dari US$ 240 miliar tahun lalu dari hanya sekitar US$ 100 miliar pada 2017. Sebagai besar startup tersebut merupakan perusahaan China. 

Selama bertahun-tahun, perusahaan investasi swasta yang menjadi pemodal di perusahaan-perusahaan besar Silicon Valley telah meningkatkan investasi di perusahaan startup. Belakangan, investor seperti Blacstone Inc dan Temasek Holding Pte telah mengerumuni unicorn China menjelang aksi IPO yang dilakukan. 

Saat ini, sektor-sektor pendidikan dan teknologi konsumen telah dalam pantauan pemerintah China. Ini membuat perusahaan yang berencana IPO keluar dari rencananya dan terpaksa membakar uang seperti titik awal.

Baca Juga: Chip Masih Langka, Toyota Pangkas Target Produksi hingga 500.000 Unit

"Semakin banyak perusahaan mempertimbangkan cari investor swasta untuk menggalang dana. Karena semakin sulit bagi mereka mengumpulkan dana di pasar publik di tengah hambatan regulasi dan ketegangan China-AS," kata Selina Cheung Head of Private Financing Markets for Asia Pacific di UBS Group AG seperti dikutip Bloomberg, Selasa (9/2).

Perusahaan seperti ByteDance Ltd yang telah mempersiapkan IPO sebelum aturan keras dimulai, bukan satu-satunya perusahaan yang impian listing-nya tertunda. 

Efeke ketegangan akuk yang terjadi di Hong Kong telah membuat IPO pada bulan Januari di kawasan ini tercatat jadi yang terburuk dalam tiga tahun. Startup di Asia berharap pendukung swasta potensial akan terus fokus pada peluang untuk modal pasien.

“Pasar swasta menyediakan sumber alfa yang signifikan bagi investor,Mereka lebih suka berinvestasi di perusahaan rintisan lebih awal dalam siklus hidup mereka dengan penilaian yang lebih rendah dan mengamankan saham di perusahaan sebelum mereka go public, tambahnya.

Ketersediaan dana swasta di Asia tumbuh sangat fenomenal dibandingkan beberapa tahun lalu. 

“Seluruh spektrum telah berubah. Apa yang sebelumnya sebagian besar terbatas pada dana modal ventura, sekarang melihat minat dari kumpulan dana ekuitas swasta yang lebih luas, investor korporat, kantor keluarga, dan investor crossover,” kata Shubhomoy Biswas, kepala penempatan swasta ekuitas untuk Asia ex-Jepang di Nomura Holdings Inc.

Baca Juga: AS Akan Jual Rudal Patriot ke Taiwan senilai US$ 100 Juta, Begini Respons China

Perusahaan seperti Blackstone, PAG, dan TPG telah meningkatkan investasi pra-IPO atau tahap pertumbuhan di Asia, menurut Cheung dari UBS.

Perusahaan pembelian PAG menyumbang jumlah peningkatan alis sekitar $ 2,8 miliar untuk putaran pendanaan pra-IPO unit manajemen properti komersial Dalian Wanda Group Co. senilai US$6 miliar di Hong Kong, orang-orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×