India Beli Minyak Rusia dengan Harga Diskon, Tak Peduli dengan Peringatan Barat

Selasa, 10 Mei 2022 | 06:24 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
India Beli Minyak Rusia dengan Harga Diskon, Tak Peduli dengan Peringatan Barat

ILUSTRASI. India tak mengindahkan peringatan yang diberikan oleh negara-negara Barat jika mereka membeli minyak Rusia di tengah perang dengan Ukraina. REUTERS/Yoruk Isik


KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. India kini tengah menjadi sorotan negara-negara Barat. Pasalnya, India tak mengindahkan peringatan yang diberikan oleh negara-negara Barat jika mereka membeli minyak Rusia di tengah perang dengan Ukraina. 

Melansir New York Times, Presiden AS Joe Biden pernah mengatakan kepada Perdana Menteri India Narendra Modi bahwa membeli minyak Rusia bukanlah kepentingan India. 

Seorang pejabat AS bahkan dengan tegas memperingatkan India bahwa membeli minyak Rusia akan membawa konsekuensi kepada negara tersebut. Menurut utusan Amerika dan Eropa, menarik garis keras terhadap Rusia merupakan kewajiban global yang harus dilakukan seluruh negara di dunia. 

Akan tetapi, bagi India, keputusan untuk mempertahankan netralitasnya dalam perang Rusia di Ukraina tidak hanya tentang menjaga pilihannya tetap terbuka di dunia dengan banyak pusat kekuasaan. Hal ini telah berkembang menjadi kasus oportunisme ekonomi yang menguntungkan: minyak Rusia terlalu bagus untuk dilewatkan.

Baca Juga: Putin Berpesan Kepada Angkatan Bersenjata Rusia, Mereka Berjuang Untuk Negara

Data yang dihimpun New York Times menunjukkan, pembelian India atas minyak mentah Rusia telah melonjak sejak konflik dimulai, naik dari nol pada Desember, Januari menjadi sekitar 300.000 barel per hari pada Maret, dan 700.000 per hari pada April. 

Minyak mentah sekarang menyumbang hampir 17% dari impor India, naik dari kurang dari 1% sebelum invasi. Tahun lalu, India mengimpor rata-rata sekitar 33.000 barel per hari dari Rusia.

Dengan adanya embargo minyak Rusia oleh Amerika Serikat dan Eropa, India dapat membeli minyak mentah dengan diskon besar, menggerakkan ekonomi yang haus energi dengan biaya lebih rendah. 

Baca Juga: Sudah Disepakati G7, Jepang Akan Hentikan Impor Minyak Rusia Meski Miskin Sumber Daya

Penyulingan India juga dapat menggunakan minyak mentah untuk membuat produk seperti diesel dan bahan bakar jet dan menjualnya dengan margin yang lebih baik dari biasanya di luar negeri.

Menurut para analis, ketika India memanfaatkan perang untuk membantu mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi, perdagangan antara India dan Rusia kemungkinan akan meningkat dengan konflik yang berlarut-larut. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru