kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

India hentikan impor, Pakistan akan membeli lebih banyak CPO dari Malaysia


Selasa, 04 Februari 2020 / 13:42 WIB
India hentikan impor, Pakistan akan membeli lebih banyak CPO dari Malaysia
ILUSTRASI. Perdana Menteri Pakistan Khan.

Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengatakan Pakistan akan membeli lebih banyak minyak sawit dari Malaysia setelah India menghentikan impor minyak sawit alias crude palm oil (CPO) dari Malaysia bulan lalu pasca pertikaian diplomatik antar kedua negara.

Mengutip Reuters, Selasa (4/2), India memberlakukan pembatasan umum pada impor minyak kelapa sawit olahan dan secara resmi meminta pada pedagang secara khusus untuk berhenti membeli dari Malaysia, sebagai balasan atas tuduhan bahwa kebijakan India baru-baru ini mendiskriminasi kaum muslim.

Baca Juga: Gara-gara India-Malaysia berseteru, Indonesia akan tingkatkan impor dari New Delhi

India adalah negara dengan mayoritas Hindu, sementara Malaysia dan Pakistan memiliki mayoritas penduduk muslim. 

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan ia membahas tentang minyak kelapa sawit dengan Khan dalam kunjungan kenegaraan Khan ke Malaysia, dan bahwa Pakistan mengindikasikan akan mengimpor lebih banyak minyak sawit dai Malaysia.

"Itu benar, terutama karena kami melihat India mengancam Malaysia karena mendukung tujuan Kashmir, mengancam akan memangkas impor minyak sawit," jelas Khan dalam konferensi pers bersama.

"Pakistan akan melakukan yang terbaik untuk mengimbanginya."

Baca Juga: Malaysia akan mengimpor gula lebih banyak dari India untuk redakan kisruh soal CPO

Data Dewan Sawit Malaysia menyebutkan, Pakistan membeli 1,1 juta ton minyak sawit dari Malaysia pada tahun lalu, sementara India membeli 4,4 juta ton.




TERBARU

Close [X]
×