kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inflasi tahunan Korea Selatan di bulan Agustus bertahan di level puncak dalam 9 tahun


Kamis, 02 September 2021 / 07:57 WIB
Inflasi tahunan Korea Selatan di bulan Agustus bertahan di level puncak dalam 9 tahun
ILUSTRASI. Inflasi Korea Selatan tetap berada di level tertinggi


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Inflasi Korea Selatan pada bulan Agustus bertahan di level puncak dalam sembilan tahun yang dipicu oleh lonjakan harga makanan segar yang terus berlanjut karena gelombang panas dan kenaikan biaya produk minyak, sewa perumahan, dan layanan lainnya.

Kamis (2/9), Badan Statistik Korea mengumumkan, indeks harga konsumen atawa consumer price index (CPI) Agustus 2021 naik 2,6% dari tahun sebelumnya. Posisi ini tidak berubah dari Juli dan mengalahkan kenaikan 2,3% yang diperkirakan dalam survei Reuters.

Kenaikan 2,6% pertama kali terlihat pada Mei, ketika inflasi menandai laju tercepat sejak April 2012, dan terus berada di atas target inflasi yang dicanangkan bank sentral untuk bulan kelima secara berturut-turut.

Data ini datang seminggu setelah Bank of Korea (BOK) menaikkan suku bunga kebijakannya untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun. BOK pun menjadi bank sentral utama Asia pertama yang beralih dari pengaturan moneter era pandemi karena utang konsumen yang membengkak menciptakan ancaman baru bagi perekonomian.

Baca Juga: Parlemen Korea Selatan loloskan RUU untuk mengekang dominasi Apple dan Google

Perincian data menunjukkan lonjakan harga yang berkelanjutan untuk produk pertanian dan minyak menahan inflasi di level tinggi. Biaya sewa perumahan dan biaya makan dan layanan lainnya semakin menambah dorongan inflasi.

Biaya produk pertanian, peternakan dan perikanan serta minyak masing-masing melonjak 7,8% dan 21,6%, sedangkan biaya sewa rumah dan makan masing-masing naik 1,6% dan 2,8%.

Sementara itu, inflasi 0,6% secara bulanan atau month on month (mom). Ini adalah kenaikan terbaik sejak Januari dan meningkat dari inflsai 0,2% yang terjadi pada di bulan Juli. Sebelumnya, para ekonom memperkirakan inflasi 0,3% mom.

Sementara itu, CPI inti Agustus naik 1,3% yoy, menandai pertumbuhan tercepat sejak Juni 2018 dan naik dari kenaikan 1,2% yang dicetak pada bulan Juli lalu.

BOK mendorong proyeksi inflasi untuk 2021 menjadi 2,1% dari sebelumnya hanya 1,8%, dan masih tetap mempertahankan proyeksi untuk tahun 2022 di 1,5%. 

Selanjutnya: Ancaman memburuk, Taiwan: China dapat melumpuhkan sistem pertahanannya




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×