kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45774,37   -28,65   -3.57%
  • EMAS1.028.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Ini penyebab tumbangnya layanan Spotify, Tinder dan Pinterest di iPhone kemarin


Sabtu, 11 Juli 2020 / 10:00 WIB
Ini penyebab tumbangnya layanan Spotify, Tinder dan Pinterest di iPhone kemarin
ILUSTRASI. A 3D printed Facebook logo

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengguna perangkat iOS melaporkan adanya gangguan saat membuka aplikasi Spotify pada ponselnya, Jumat (10/7) malam waktu Indonesia. Para pengguna mengaku, aplikasi tersebut crash dan tidak dapat terbuka. 

Menurut Downdetector, ada 12.709 laporan dari berbagai negara, termasuk Indonesia, terkait masalah aplikasi Spotify hingga pukul 18.40 WIB kemarin malam. 

Masalah ini ternyata tak hanya menimpa Spotify. Sejumlah aplikasi populer lain seperti Pinterest dan Tinder juga mengalami hal serupa dan gangguan ini hanya dialami pengguna perangkat iOS. 

Baca Juga: Bisnis Amazon.com bisa melaju kencang bila jadi membeli startup Zoox Inc

Gangguan tersebut diketahui berasal dari software development kit (SDK) milik Facebook. Kebanyakan aplikasi termasuk Spotify, Pinterest, dan Tinder memang menyediakan opsi log-in menggunakan akun Facebook. 

Dengan melakukan proses log-in menggunakan Facebook, pengguna dapat mengintegrasikan data sehingga tidak perlu lagi melakukan "sign up" atau mendaftar pada aplikasi yang ingin digunakan. 

"Baru-baru ini, terjadi perubahan kode yang memicu crash untuk beberapa aplikasi iOS yang menggunakan SDK Facebook," kata juru bicara Facebook dikutip dari The Verge, Sabtu (11/7). 

Pihak Facebook menegaskan, gangguan tersebut kini telah berhasil diperbaiki dan aplikasi bisa kembali digunakan dengan normal. "Kami mengidentifikasi masalah dengan cepat dan telah menyelesaikannya. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," imbuh juru bicara Facebook. 

Ini bukan kali pertama kalinya SDK Facebook membuat sejumlah aplikasi dan layanan tidak dapat diakses. Masalah serupa juga pernah terjadi pada 6 Mei lalu. 

Baca Juga: Ikuti jejak YouTube, Instagram tambahkan fitur baru untuk pin komentar

Menurut seorang pengembang aplikasi, Guilherme Rambo, Facebook memang mendorong para pengembang aplikasi untuk mengintegrasikan layanan mereka menggunakan SDK Facebook. Sebagai gantinya, Facebook menjanjikan informasi mengenai data penggunaan aplikasi yang bisa digunakan untuk iklan. 

"Facebook mendorong para pengembang aplikasi untuk memasang SDK mereka, kemungkinan karena mereka menginginkan data berharga yang mereka kumpulkan dari pengguna aplikasi," kata Guilherme pada Mei lalu. (Kevin Rizky Pratama)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Facebook Ungkap Penyebab Tumbangnya Spotify, Tinder dkk di iPhone".



TERBARU

[X]
×