kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investasi China di AS melorot tajam, ini faktanya


Senin, 11 Mei 2020 / 15:00 WIB
Investasi China di AS melorot tajam, ini faktanya


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Investasi langsung China di Amerika Serikat turun ke level terendah sejak 2009 pada tahun lalu di tengah ketegangan bilateral. Menurut sebuah laporan, perselisihan terkait pandemi Covid-19 juga akan terus membebani aliran investasi antara dua ekonomi terbesar dunia tersebut.

"Dengan menghalangi terjadinya kesepakatan dan memukul pertumbuhan ekonomi, pandemi ini dapat membubarkan efek positif dari perjanjian perdagangan Fase 1 yang ditandatangani pada Januari," demikian laporan dari perusahaan riset Rhodium Group dan Komite Nasional Hubungan AS-China.

Baca Juga: Operasi militer meningkat, AS sudah lakukan 39 penerbangan di atas Laut China Selatan

Data awal menunjukkan "penurunan signifikan" dalam investasi China ke Amerika Serikat pada bulan-bulan pertama 2020, kata laporan itu, di mana hanya US$ 200 juta investasi langsung yang baru diumumkan dibandingkan dengan US$ 2 miliar rata-rata per kuartal tahun lalu.

Sebaliknya, perusahaan AS mengumumkan proyek investasi langsung baru senilai US$ 2,3 miliar di China pada kuartal pertama, sedikit turun dari rata-rata kuartal tahun lalu, kata laporan itu. Perusahaan AS tampaknya tidak mempertimbangkan untuk mengurangi secara signifikan jejak mereka di China.

Baca Juga: China bantah 24 tuduhan Amerika Serikat soal penyebaran virus corona

Dengan memaparkan rantai pasokan global yang rapuh, pandemi ini dapat mendorong  perusahaan AS untuk memindahkan manufaktur dari China tetapi mungkin juga memacu lebih banyak investasi karena perusahaan mencoba melokalisasi operasi mereka, katanya.

Masih menurut laporan itu, investasi AS ke China sedikit mencatatkan pertumbuhan pada 2019 menjadi US$ 14 miliar, dengan aliran dua arah secara keseluruhan mendatar setelah penurunan besar dalam dua tahun sebelumnya. Investasi Tiongkok di AS turun menjadi US$ 5 miliar pada tahun itu dari US$ 5,4 miliar tahun sebelumnya.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×