kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

iPhone laris manis, laba Foxconn semakin tebal


Rabu, 18 November 2015 / 06:09 WIB
iPhone laris manis, laba Foxconn semakin tebal


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

TAIPEI. Penjualan iPhone yang laris manis membawa berkah bagi Hon Hai Precision Industry Co atau lebih dikenal dengan nama Foxconn Technology Group. Produsen komponen elektronik terbesar di dunia ini membukukan rapor kinerja melampaui ekspektasi pelaku pasar.

Selama kuartal III tahun ini, laba bersih meningkat 11% menjadi NT$ 37,9 miliar atau US$ 1,2 miliar. Pencapaian ini lebih tinggi ketimbang tebakan analis yang mematok di kisaran NT$ 34,8 miliar.

Sementara, pendapatan Foxconn tumbuh 12% menjadi NT$ 1,07 triliun, melampui estimasi pasar yang sebesar NT$ 1,02 triliun. Pertumbuhan pendapatan kuartal III ini merupakan yang tertinggi sejak lima tahun terakhir.

“Kinerja ini mengindikasikan prospek positif untuk kuartal IV tahun ini,” ujar Kylie Huang, analis Daiwa Capital Markets seperti dikutip Bloomberg, Selasa (17/11).

Analis meramal, pundi-pundi laba Foxconn berpotensi bertambah gemuk di pengujung tahun ini. Penopangnya, margin bersih menebal menjadi 4,2%. Margin bisa meningkat karena seri terbaru Apple hanya mengalami perubahan minor.

Dengan kata lain, Foxconn bisa menggunakan peralatan manufaktur yang sama agar bisa lebih efisien. Faktor lain, musim liburan akhir tahun yang bakal mendongkrak penjualan iPhone.

Sebagai gambaran, margin kotor Foxconn pada kuartal III 2015 lalu sebesar 7,2%, lebih tinggi sedikit dari perolehan tahun lalu. Laba operasional melesat 22% menjadi NT$ 38,2 miliar.

Penjualan iPhone berkontribusi separuh terhadap pendapatan Foxconn. Pada kuartal yang berakhir September 2015, Apple mampu menjual 48,04 juta unit iPhone. Pada periode sama tahun lalu, penjualan iPhone hanya 39,27 miliar unit.

Apple berhasil mengukir rekor penjualan baru. Apple menjual 13 juta unit iPhone 6S dan iPhone 6S Plus selama sepekan perdana. Selain mengandalkan iPhone, Foxconn juga memproduksi komputer, ponsel pintar, server dan gim konsol terhadap klien kakap, termasuk Sony Corp dan HP Inc.

Foxconn memiliki anak usaha FIH Mobile Ltd yang memproduksi smartphone untuk Xiaomi Corp. Foxconn juga mengempit mayoritas saham atau sekitar 65% saham Huawei Technologies Co dan OnePlus.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×