kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi perusahaan pembayaran terbesar di Eropa, Nexi akuisisi Nets US$ 9,2 miliar


Senin, 16 November 2020 / 20:43 WIB
Jadi perusahaan pembayaran terbesar di Eropa, Nexi akuisisi Nets US$ 9,2 miliar
ILUSTRASI. The logo of Italian payments group Nexi


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - ITALIA. Perusahaan pembayaran raksasa asal Italia Nexi Spa sepakat untuk membeli Nets A/S yang merupakan pesaingnya untuk membentuk perusahaan pembayaran terbesar di Eropa.

Nets akan dibeli senilai € 7,8 miliar atau setara US$ 9,2 miliar termasuk utang senilai € 1,8 miliar. Nexi akan mengempit 406,6 juta saham anyar Nets, atau setara 39% dari total saham. Dengan ini, maka operasi Nexi bakal makin luas, yakni di Italia, di negara Eropa yang menggunakan bahasa Jerman, dan wilayah Nordik. 

Targetnya, aksi ini bakal membantu perusahaan mencetak pendapatan lebih dari € 170 juta. Pengendali Nets yaitu Hellman & Friedman, kemudian pemegang saham lain seperti Advent International, dan Bain Capital akan tetap menjadi pemegang saham entitas anyar, di mana para pemegang saham Ners akan dipertahankan dengan periode 6-24 bulan.

Baca Juga: WHO: Vaksin sendiri tidak akan mengakhiri pandemi virus corona

“Strateginya sangat baik, memperluas jangkauan pertumbuhan Nexi di luar Italia. Penguncian awal yang singkat tidak mengalihkan risiko kembali ke pemegang saham Nexi,” ungkap Paul Kratz, Analis Jefferis.

Bos Nexi Paolo Bertuluzzo memang tengah menjalankan strategi ekspansi via akuisisi. Sebelum mengakuisisi Nets, Nexi juga telah mengakuisisi SIA SpA senilai € 4,6 miliar sebelumnya. Saat transaksi dengan SIA rampung, kepemilikan Nets di Nexi akan berkurang menjadi 31%. 

“Entitas gabungan diposisikan secara untuk untuk menangkap peluang akuisisi lebih lanjutan. Merchant banking, perbankan dengan teknologi pembayaran, dan tekfin adalah tiga area yang jadi bidikan pertumbuhan non organik Nexi selanjutnya,” ujar CFO Nexi Bernardo Mingrone dikutip dari Bloomberg, Senin (16/11).

Adapun perusahaan hasil penggabungan usaha akan menjadi yang terbesar di Eropa berdasarkan ukuran bisnis, jumlah nasabah, dan pendapatan kotornya. Meskipun belum dapat mengalahkan perusahaan asal Belanda Adyen NA yang merupakan terbesar di Eropa berdasarkan nilai pasarnya. 

Aksi ini juga bakal melipat gandakan akses Nexi ke lebih dari 25 negara di ERopa yang memiliki penetrasi digital kecil. Bertoluzzo bilang secara proforma, sampai akhir tahun 2020, perusahaan bakal mencetak pendapatan sampai € 2,9 miliar.

Baca Juga: Kali ini dari Prancis, China kembali temukan daging beku dengan virus corona

Tren akuisisi di indusri pembayaran sejatinya juga tengah marak terjadi, akhir tahun alu Fiserv di AS mengakuisisi First Daat Corp senilai US$ 22 juta. Di Prancis juga ada Worldline SA yang membeli Ingenico SA. 

Sementara buat Nexi rangkaian aksi akuisisi SIA, dan Nets bakal dikombinasikan paling cepat ada 2022. Sebab Sia direncanakan masih akan beroperasi secara mandiri di Italia. 

Selanjutnya: Situasinya makin serius, Korea Selatan bersiap hadapi ledakan kasus virus corona




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×