kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jepang pecahkan internet berkecepatan tinggi di dunia, berapa kecepatannya?


Senin, 19 Juli 2021 / 08:15 WIB
Jepang pecahkan internet berkecepatan tinggi di dunia, berapa kecepatannya?


Sumber: Tom's Hardware,PCMag | Editor: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Jepang pecahkan rekor internet berkecepatan tinggi di dunia. Kecepatan internet di Jepang hampir dua kali lipat rekor sebelumnya, yakni 319 Tb/s (Terabit per second).

Hampir kebanyakan orang saat ini mendambakan internet dengan kecepatan tinggi. Dengan internet yang cepat, kita bisa mengakses dunia maya dalam sekejap.

Baik untuk sekedar browsing, melihat apa yang trending di sosial media hingga streaming film. Dengan internet yang cepat, beberapa hal tersebut bisa Anda lakukan tanpa harus menunggu "loading" atau "buffering".

Mengutip dari Tom'sHardware, tim peneliti National Institute Information & Communication Technology (NICCT) di Jepang berhasil memecahkan rekor internet berkecepatan tinggi di dunia. Kecepatan internet yang berhasil mereka raih hampir dua kali lipat rekor sebelumnya yang dicetak oleh Inggris tahun 2020 lalu.

Apabila Inggris sebelumnya memecahkan rekor dengan kecepatan internet 178 Tb/s, Jepang hampir dua kali lipatnya, yakni 318 Tb/s. Bayangkan, apa yang bakal Anda lakukan dengan kecepatan internet segitu?

Baca Juga: WhatsApp resmi bisa dipakai di 4 perangkat bersamaan, bisa login di mana pun

Ilustrasi server komputer, bisnis TI, CYBER-ATTACK

Streaming film dengan resolusi tinggi tanpa buffering, main game online tak perlu khawatir akan lag, atau bahkan download data dengan ukuran ratusan GB hanya membutuhkan waktu sekejap.

Ilmuwan NICT menggunakan kabel optical fiber, tabung kecil yang meneruskan informasi menggunakan cahaya, yang diperlukan untuk mencapai rekor tersebut. Tentu saja untuk memecahkan rekor ini membutuhkan infrastruktur yang jauh lebih kompleks.

Tim yang bertugas dalam penelitian tersebut menggunakan beberapa add-ons yang hanya familiar bagi insinyur yang sangat terampil dan mengenyam pendidikan kaitannya dengan laser.

Dengan kabel sepanjang 3.001 Km, hampir tidak ada penurunan kecepatan. Umumnya kecepatan internet akan turun apabila panjang kabel mencapai kira-kira 1.865 mil, seperti yang dikutip dari PCMag.

Dengan beberapa modifikasi, sekelompok ilmuwan tersebut menggunakan 4-core optical fiber "552 PDM-16QAM, saluran multipleks pembagian panjang gelombang." 

Selain itu, para ilmuwan tersebut juga menggunakan transmisi S, C, dan L band untuk pertama kalinya. Biasanya pita C dan L digunakan untuk transmisi jarak jauh, tetapi kali ini pita S juga digunakan. Kabar baiknya, 4-core optical fiber ini bisa bekerja dengan peralatan yang sudah ada, sehingga membuatnya lebih mudah dan murah ketika digunakan.

Meskipun rekor telah dipecahkan, tim di NICT belum selesai. Mereka percaya bisa menembus kecepatan lebih tinggi lagi dan peningkatan lebih lanjut untuk kapasitas transmisi yang tersedia. Selain itu, mereka juga ada pekerjaan yang dilakukan "untuk memperluas jangkauan transmisi ke jarak trans-samudera."

Apakah Anda sudah bisa membayangkan di masa depan kecepatan internet tinggi untuk apa?

Selanjutnya: Duh! Video call di Google Meet sekarang dibatasi maksimal 60 menit




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×