kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden akan umumkan kabinet pertamanya pada Selasa (24/11/2020)


Senin, 23 November 2020 / 06:39 WIB
Joe Biden akan umumkan kabinet pertamanya pada Selasa (24/11/2020)
ILUSTRASI. Presiden terpilih AS Joe Biden akan mengumumkan pengangkatan pertama kabinetnya pada Selasa (24/11/2020). REUTERS/Jonathan Ernst


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden terpilih AS Joe Biden akan mengumumkan pengangkatan pertama kabinetnya pada Selasa (24/11/2020). Selain itu, Biden juga merencanakan pelantikan dalam skala kecil karena pandemi virus corona. Hal tersebut diungkapkan oleh para asistennya pada Minggu (22/11/2020), meskipun Presiden Donald Trump menolak untuk menyerah.

Reuters memberitakan, sejak Biden dinyatakan sebagai pemenang pemilihan 3 November dua minggu lalu, presiden Republik telah meluncurkan serentetan tuntutan hukum dan meningkatkan kampanye tekanan untuk mencegah pejabat negara di sejumlah negara bagian untuk  mengesahkan perhitungan total suara mereka.

Ron Klain, yang ditunjuk Biden sebagai kepala staf Gedung Putih, sekali lagi mendesak agar pemerintahan Trump - khususnya badan federal yang disebut Administrasi Layanan Umum (GSA) - secara resmi mengakui kemenangan Biden untuk membuka sumber daya demi proses transisi.

“Saya berharap administrator GSA akan melakukan tugasnya,” tambah Klain, mengacu pada kepala GSA Emily Murphy seperti yang dikutip Reuters.

Baca Juga: Vladimir Putin belum siap mengakui Joe Biden sebagai pemenang Pilpres AS

Biden akan mulai menjabat sebagai Presiden AS pada 20 Januari 2021 mendatang.

"Warga Amerika yang menolak kepresidenan Trump mencapai rekor, dan sejak itu Donald Trump menolak demokrasi," kata Klain kepada program "This Week" ABC.

Sementara itu, Biden telah mengumumkan serangkaian pilihan untuk jabatan di Gedung Putih. "Anda akan melihat kabinet pertama yang dipilih Selasa ini," kata Klain, tetapi menolak untuk merinci lebih jauh mengenai jabatan yang akan diisi.

Baca Juga: Makin keras ke China, Donald Trump batasi akses 4 perusahaan China ke investor AS

Biden mengatakan pada hari Kamis bahwa dia telah memilih seorang menteri keuangan. Kandidat dalam daftar pendek Biden termasuk mantan Ketua Fed Janet Yellen, Gubernur Fed saat ini Lael Brainard, Sarah Bloom Raskin yang merupakan mantan gubernur Fed, dan Raphael Bostic, presiden Federal Reserve Bank Atlanta.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×