kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Karl Wlaschek: Gemar beli bangunan dan hotel (3)


Kamis, 12 Maret 2015 / 13:19 WIB
Karl Wlaschek: Gemar beli bangunan dan hotel (3)
ILUSTRASI. Spesial Maulid Nabi, Golden Lamian menyediakan paket 3 For Rp 89rb menu lamian hingga nasi & ayam selama 2 hari penuh


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Tri Adi

Sejak berbisnis properti, Karl Wlaschek gemar melakukan akuisisi. Tak heran, setiap tahun aset properti Wlaschek selalu bertambah. Karl Wlaschek memiliki beberapa gedung perkantoran dengan tingkat sewa premium, hotel bintang lima dan bangunan bersejarah seperti istana. Di tahun 2011, Wlaschek dikabarkan membayar € 50 juta untuk Schlosshotel Velden di Wina. Bahkan, Wlaschek juga memiliki kompleks perumahan yang penghuninya adalah miliarder.

Harga sewa yang terus melambung membuat bisnis properti semakin gurih. Setiap tahun, nilai aset properti selalu naik. Makanya, Karl Wlaschek memberanikan diri menggarap peluang bisnis properti. Perhitungan yang cermat ini menjadikan Wlaschek, anak seorang pegawai negeri di Wina, Austria, menjelma menjadi taipan real estate Austria. Seluruh properti Wlaschek dikelola oleh yayasan swasta dengan nama-nama Amisola, Estrella, Novoreal dan Ermione

Aset-aset properti yang dimiliki Wlaschek tak hanya sebatas gedung perkantoran melainkan juga hotel megah bintang lima yaitu Hotel Radisson di Salzburg. Bahkan, Wlaschek juga memiliki bangunan bersejarah yang menjadi lokasi Bursa Efek Vienna dan beberapa istana di Wina. Mantan pianis jazz ini juga menjadi pemilik menara Andromeda Tower dan Ares Tower. Keduanya merupakan bagian dari Danube City.

Pada tahun 2011, Wlaschek menggebrak bisnis real estate. Situs kaernten.ORF.at menuliskan, Hypo Alpe Adria Grup dengan Amisola Immobilien AG milik miliarder Karl Wlaschek, telah menandatangani kesepakatan untuk membeli Schlosshotel Velden di Wina. Namun, belum jelas berapa besar Wlaschek membayar untuk seluruh properti, termasuk 21 apartemen dan restoran tersebut.

Dikabarkan, Hypo mengantongi duit sebesar € 50 juta dari hasil penjualan hotel Kastil ini. Namun, transaksi jual beli Schlosshotel Velden tak mudah. Pasalnya investor asal Italia, Ugo Barchiesi menggugat Hypo. Menurut laporan surat kabar harian "Die Presse",

Barchiesi mengklaim telah memiliki perjanjian jual beli Schlosshotel Velden terlebih dahulu. Barchiesi telah menandatangani akta perjanjian jual beli sejak April 2011. Sedangkan, transaksi Wlaschek atas Schlosshotel Velden baru dilakukan pada akhir Juli 2011.

Barchiesi telah menunjukkan minat membeli hotel sejak tahun 2010. Ia mengaku sanggup membayar € 4 juta untuk pembelian hotel tersebut di bulan April 2011. Tetapi, hingga 31 Mei 2011, pembayaran tak kunjung dilunasi.

Akhirnya, Hypo menyatakan ganti rugi. Pada bulan berikutnya, Barchiesi ingin melakukan negosiasi ulang.  Dari sudut pandang Hypo, Barchiesi telah melanggar kontrak jual beli.

Wlaschek Realty resmi memiliki Schlosshotel Velden pada akhir Agustus 2011. Di tahun 2011, aset berwujud Wlaschek berkisar € 1,93 miliar.

Pada 2013, Wlaschek merogoh koceknya sebesar € 107 juta untuk investasi rumah baru. Pembelian yang dilakukan tiga yayasan Wlaschek yakni Novoreal, Amisola dan Estrella ini lima kali lipat lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Menurut laporan tahunan yang ada, ketiga yayasan tersebut membeli enam proyek real estate senilai € 85,5 juta.

Masih di tahun 2013, Novoreal mengakuisisi tiga bangunan yakni Burgring 1, Dorotheergasse 6-8 dan Marc -Aurel-Straße 10 (Superfund House). Lalu Estrella membangun gedung apartemen besar di Skodagasse 9 dan dua apartemen baru.

Sementara, Amisola mendirikan properti residensial favorit di Wina, yaitu Rieplstraße. Kompleks perumahan elite itu ditempati para miliarder berkelas.

Ekspansi Wlaschek terus berlanjut. Pada 2014, Wlaschek melalui Wina Insurance Group membeli Wina Ring Palace di sudut Babenbergerstraße. Nilai akuisisi ini ditaksir mencapai € 17,5 juta. Selain itu juga, Wlaschek membangun kompleks perumahan elite, The Uniqua, di pusat kota Wina dengan nilai proyek sekitar € 56 juta. The Uniqua yang dijual Wlaschek memiliki paket mahal dan diantaranya terdapat kantor Superfund.                                   

(Bersambung)




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×