kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,41   -5,94   -0.64%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Keluhkan praktik dagang, AS ingin China bersikap jujur


Sabtu, 09 Oktober 2021 / 10:00 WIB
Keluhkan praktik dagang, AS ingin China bersikap jujur


Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Perwakilan Dagang AS Katherine Tai pada hari Jumat mengadakan panggilan dengan mitranya dari China, Wakil Perdana Menteri Liu He, untuk menguji apakah keterlibatan bilateral dengan Beijing dapat mengatasi keluhan AS tentang praktik perdagangan dan subsidi China.

Pejabat USTR menyebut perbincangan itu menandai kedua kalinya Tai dan Liu berbicara dan itu mengikuti pidato Tai pada hari Senin. AS mengumumkan bahwa dia akan mencari pembicaraan yang jujur dengan Beijing dan menahan China pada komitmennya di bawah kesepakatan perdagangan 'Fase 1' yang dinegosiasikan oleh mantan Presiden Donald Trump.

"Duta Besar Tai dan Wakil Perdana Menteri Liu meninjau implementasi Perjanjian Ekonomi dan Perdagangan AS-China dan sepakat bahwa kedua belah pihak akan berkonsultasi mengenai isu-isu tertentu yang luar biasa," kata USTR dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Pasukan khusus AS latih militer Taiwan secara rahasia, ini ancaman China

Dalam briefing menjelang panggilan telepon, yang terjadi pada Jumat malam waktu Washington, seorang pejabat senior USTR mengatakan Tai akan memberi Liu penilaian kinerja China dalam mengimplementasikan kesepakatan 'Fase 1', termasuk pembelian barang-barang AS yang dijanjikan yang gagal. target. Dia juga akan meningkatkan kekhawatiran tentang praktik ekonomi "non-pasar" China.

"Kami menyadari bahwa Beijing semakin eksplisit bahwa mereka menggandakan pendekatan otoriter yang berpusat pada negara dan menolak untuk mengatasi masalah struktural kami," kata pejabat tersebut. 

"Oleh karena itu fokus utama kami akan terus membangun ketahanan dan daya saing, diversifikasi pasar, dan membatasi dampak dari praktik berbahaya Beijing," katanya.

Selanjutnya: Drone berbahan peledak serang bandara di Arab Saudi, sejumlah orang terluka




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×