kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ketua The Fed: Bunga naik bertahap jika ekspansi ekonomi AS tetap kuat


Jumat, 24 Agustus 2018 / 23:00 WIB

Ketua The Fed: Bunga naik bertahap jika ekspansi ekonomi AS tetap kuat
ILUSTRASI. Jerome Powell

KONTAN.CO.ID - JACKSON HOLE. Ketua The Federal Reserve Jerome Powell angkat bicara soal arah suku bunga The Fed ke depan. Berbicara dalam konferensi tahunan gubernur bank sentral di Jackson Hole, Wyoming, Powell mengisyaratkan The Fed akan menaikkan suku bunga secara bertahap jika ekspansi ekonomi Amerika Serikat (AS) tetap kuat.

Menurut Powell, kenaikan suku bunga yang stabil adalah cara terbaik untuk melindungi pemulihan ekonomi AS dan menjaga pertumbuhan pekerjaan sekuat mungkin dan inflasi terkendali.


Berbicara hanya beberapa hari setelah Presiden AS Donald Trump mengkritik kenaikan suku bunga bank sentral AS, Powell menggunakan ajang tersebut untuk menjelaskan mengapa The Fed yakin bahwa kenaikan bunga secara bertahap tetap sesuai.

“Ekonomi AS kuat. Inflasi mendekati target 2% dan kebanyakan orang yang menginginkan pekerjaan. Jika pertumbuhan yang kuat dalam pendapatan dan pekerjaan terus berlanjut, peningkatan bertahap The Fed Fund Rate akan tetap sesuai," demikian pidato Powell seperti dilansir Reuters.

Komentar Powell bukanlah tanggapan langsung terhadap kritik Trump. Trump terang-terangan menyatakan tidak senang dengan kenaikan suku bunga the Fed karena dia tengah mencoba untuk merangsang pertumbuhan ekonomi AS.

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga lagi pada bulan September 2018. Dan mungkin akan naik sekali lagi pada bulan Desember 2018. The Fed juga diyakini akan melanjutkan apa normalisasi kebijakan pada tahun 2019 mendatang.

Mark Grant, Managing Director and Chief Global Strategits B Riley FBR menilai, secara keseluruhan pidato Powell positif untuk ekonomi dan pasar. "Powell membuat sudut pandangnya cukup jelas bahwa kenaikan suku bunga secara bertahap kemungkinan akan datang jika ekonomi AS tetap kuat," kata Grant seperti dikutip Reuters.

Menurutnya, Powell mengambil sikap yang jelas dan sesuai harapan. Powell berada di tengah-tengah para pembuat kebijakan The Fed dan tidak terpengaruh oleh komentar-komentar Presiden Trump.

“Presiden Trump, atau anggota Kongres atau Senator manapun, memiliki hak untuk berkomentar. Tetapi The Fed adalah badan independen dalam pemerintahan Amerika dan para anggotanya memiliki hak untuk membuat keputusan sendiri," imbuhnya.

 


Reporter: Khomarul Hidayat
Editor: Komarul Hidayat

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0005 || diagnostic_web = 0.1713

Close [X]
×