kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kondisi Ekonomi Bergejolak, Investasi Modal Ventura AS Melambat


Kamis, 14 Juli 2022 / 13:19 WIB
Kondisi Ekonomi Bergejolak, Investasi Modal Ventura AS Melambat
ILUSTRASI. Modal ventura di AS melambat


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Kesepakatan modal ventura (VC) di Amerika Serikat merosot pada paruh pertama tahun 2022. Alasanya, investor enggan menandatangani cek besar untuk perusahaan rintisan karena kondisi ekonomi makro yang tidak pasti dan gejolak pasar.

Mengutip Reuters (14/7), nilai kesepakatan yang dicapai pada semester I-2022 turun menjadi US$ 144,2 miliar. Padahal di periode yang sama tahun lalu, nilai kesepakatan yang dibuat VC mencapai US$ 158,2 miliar.

Pembuatan kesepakatan VC mencapai titik tertinggi sepanjang masa lebih dari US$ 340 miliar pada tahun 2021, karena perusahaan meningkatkan taruhan pada perusahaan rintisan teknologi tinggi, biotek, perawatan kesehatan, dan fintech, didukung oleh kelebihan likuiditas dan kebijakan moneter yang akomodatif.

Sementara investasi di perusahaan tahap akhir melihat penurunan substansial dalam ukuran rata-rata dan penilaian dari tertinggi baru-baru ini, pendanaan di perusahaan tahap awal di kuartal kedua juga berada jauh di bawah level rekor yang ditetapkan pada tahun sebelumnya, menurut laporan oleh PitchBook dan Asosiasi Modal Ventura Nasional (NVCA).

Baca Juga: East Ventures Pimpin Pendanaan untuk Startup Tanaku Senilai US$ 5,5 Juta

Laju aktivitas VC juga diperkirakan akan melambat pada paruh kedua tahun 2022 karena ambang batas untuk menutup transaksi meningkat dan ketidakpastian harga meluas ke tahap awal siklus investasi.

Pintu keluar potensial miliaran dolar juga telah ditutup dengan penawaran umum saham perdana atawa initial public offering (IPO) dengan latar belakang jatuhnya valuasi dan perdagangan berombak di bursa AS.

"Keluar tetap sangat rendah sementara perusahaan tahap akhir bertindak dengan hati-hati sebagai akibat dari aktivitas pasar publik yang bearish," kata John Gabbert, pendiri dan kepala eksekutif PitchBook.

Pasar IPO pada kuartal kedua mencapai level terendah 13 tahun dengan hanya delapan perusahaan yang berhasil mencatatkan sahamnya. Hanya 22 perusahaan yang didukung VC yang berhasil mendaftar pada paruh pertama tahun ini dibandingkan dengan 183 pada periode yang sama pada 2021, dan 108 pada 2020.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×