kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korut Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua, Beri Peringatan Ekstrem ke Musuh


Jumat, 14 April 2023 / 07:54 WIB
Korut Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua, Beri Peringatan Ekstrem ke Musuh
ILUSTRASI. Pada Jumat (14/4/2023), Korea Utara mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan uji rudal balistik antarbenua (ICBM) berbahan bakar padat baru. KRT/via Reuters TV/Handout?via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pada Jumat (14/4/2023), Korea Utara mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan uji rudal balistik antarbenua (ICBM) berbahan bakar padat baru Hwasong-18. Adapun tujuannya adalah untuk secara radikal mempromosikan kemampuan serangan balik nuklir negara itu.

Hal tersebut dilaporkan oleh media pemerintah Korut, sekaligus memperingatkan ketidaknyamanan dan kengerian ekstrem kepada musuh.

Melansir Reuters, pemerintah Korea Selatan mengatakan, Korea Utara menembakkan apa yang tampak sebagai rudal balistik model baru pada hari Kamis. Hal ini memicu ketakutan di Jepang utara di mana penduduk Hokkaido diminta untuk segera berlindung, meskipun ternyata tidak ada bahaya.

“Pengembangan ICBM Hwasongpho-18 tipe baru akan secara ekstensif mereformasi komponen pencegahan strategis DPRK, secara radikal mempromosikan efektivitas postur serangan balik nuklirnya dan membawa perubahan dalam kepraktisan strategi militer ofensifnya,” kata KCNA. 

Analis mengatakan, hal itu akan menandai penggunaan propelan padat pertama Korut dalam rudal balistik jarak menengah atau antarbenua.

Mengembangkan ICBM berbahan bakar padat telah lama dipandang sebagai tujuan utama Korea Utara, karena dapat membantu Korea Utara menyebarkan misilnya lebih cepat jika terjadi perang.

Baca Juga: Korut Luncurkan Rudal Balistik Jenis Baru, Jepang Ketakutan, Korsel Siaga Tinggi

Pemimpin Kim Jong Un memandu langsung uji coba itu. Dia memperingatkan bahwa mereka akan membuat musuh mengalami krisis keamanan yang lebih jelas, dan terus-menerus menyerang mereka dengan kegelisahan dan kengerian yang ekstrem dengan mengambil tindakan balasan yang fatal dan ofensif sampai mereka meninggalkan pemikiran tidak masuk akal dan tindakan sembrono.

Korea Utara telah mengkritik latihan militer gabungan AS-Korea Selatan baru-baru ini sebagai ketegangan yang meningkat dan telah meningkatkan uji senjata dalam beberapa bulan terakhir.

Sebagian besar rudal balistik terbesar di negara itu menggunakan bahan bakar cair, yang mengharuskannya diisi dengan propelan di lokasi peluncurannya - proses yang memakan waktu.

“Bahan padat lebih mudah dan lebih aman bagi pasukan untuk beroperasi di lapangan, dan memiliki kereta logistik yang jauh lebih kecil yang membuat unit rudal padat yang ditempatkan di lapangan lebih sulit untuk dideteksi (dan dengan demikian lebih dapat bertahan) daripada cairan,” papar Vann Van Diepen, mantan ahli senjata pemerintah AS yang sekarang bekerja dengan North 38.

Baca Juga: Korea Utara Putuskan Hubungan Telepon dengan Korea Selatan, Ini Penyebabnya




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×