kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lebih dari 160.000 orang meninggal karena corona di AS, sekolah akan tetap dibuka?


Sabtu, 08 Agustus 2020 / 06:26 WIB
Lebih dari 160.000 orang meninggal karena corona di AS, sekolah akan tetap dibuka?
ILUSTRASI. Virus corona di Texas, Amerika Serikat.


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Lebih dari 160.000 orang telah meninggal akibat Covid-19 di Amerika Serikat, menurut perhitungan Reuters pada Jumat (7/), ketika pembicaraan tentang RUU bantuan ekonomi antara Demokrat dan Gedung Putih kandas.

Tonggak sejarah yang suram, yang mencakup 10.000 kematian secara nasional dalam sembilan hari terakhir, terjadi ketika orang Amerika dan para pemimpin politik mereka tetap terpecah atas masalah-masalah seperti pembukaan kembali sekolah, pengujian, penutupan bisnis, dan pesanan masker.

"Para pemimpin terpilih harus mulai menangani krisis ini sebagai masalah kesehatan masyarakat daripada masalah politik," kata Dr Melanie Thompson, seorang internis di Atlanta seperti dikutip Reuters Sabtu (8/8).

Baca Juga: Perundingan di kongres gagal, Trump akan coba jalankan stimulus virus corona sendiri

"Pemerintah federal dan negara bagian harus mensubsidi akses ke pengujian cepat serial untuk sekolah dan semua fasilitas hidup lansia. Kongres perlu menyediakan jaring pengaman finansial bagi yang paling rentan, termasuk pekerja penting kami," kata Thompson.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows mengatakan mereka akan menyarankan Presiden Donald Trump untuk memberikan bantuan melalui perintah eksekutif kepada orang Amerika yang menderita pandemi. 

Pembicaraan dengan petinggi Partai Demokrat di Kongres terhenti pada hari Jumat. Demokrat mengatakan mereka setuju untuk mengurangi proposal US$ 3,4 triliun mereka tetapi Partai Republik tidak akan setuju untuk menaikkan lebih dari dua kali lipat dari yang mereka tawarkan senilai US$ 1 triliun.

Infeksi Covid-19 meningkat di 20 negara bagian AS, menurut analisis Reuters, ketika pusat wabah bergeser dari negara bagian sunbelt seperti California, Florida dan Texas ke Midwest.

Sementara itu, sekitar 100.000 orang diperkirakan akan turun di Sturgis, South Dakota akhir pekan ini dalam ajang balap sepeda motor tahunan yang akan berlangsung selama 10 hari. Acara ini memicu kekhawatiran akan menyulut gelombang baru virus corona.

Pejabat kota di Anchorage, Alaska pada hari Jumat memenangkan putusan pengadilan yang mendukung larangan makan di restoran dalam ruangan setelah menggugat satu restoran yang melanggar perintah darurat yang melarang praktik tersebut.

Gubernur Massachusetts Charlie Baker membatalkan rencana untuk membuka kembali sebagian kegiatan ekonomi negara bagian itu, mengurangi jumlah maksimum yang diizinkan pada pertemuan luar ruangan dari 100 menjadi 50.

Pembukaan kembali sekolah tetap menjadi masalah yang memecah belah secara nasional. Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan pada hari Jumat sekitar 700 distrik di negara bagian itu dapat membuka kembali ruang kelas, tetapi mendesak mereka untuk berkonsultasi dengan guru, siswa, dan orang tua.

Distrik sekolah New York dapat memilih pembelajaran jarak jauh, pembelajaran di dalam kelas, atau perpaduan keduanya. 

Cuamo bilang, rencana keselamatan untuk ruang kelas yang dibuka kembali harus disetujui oleh Departemen Kesehatan negara bagian.

"Jika Anda melihat tingkat infeksi kami, kami mungkin berada dalam situasi terbaik di negara saat ini," kata Cuomo kepada wartawan. 

"Jika ada yang bisa membuka sekolah, kita bisa buka sekolah."

Baca Juga: AS cabut peringatan perjalanan global 'Jangan Bepergian'

Di New York, di mana 1,1 juta anak menghadiri jaringan sekolah umum terbesar di negara itu, Walikota Bill de Blasio mengatakan kehadiran siswa akan dibatasi antara satu hingga tiga hari setiap minggu.

Chicago Public Schools, yang merupakan distrik sekolah terbesar ketiga di negara itu, membalikkan arah minggu ini, dengan mengatakan bahwa para siswa akan tetap menggunakan pembelajaran jarak jauh saat tahun ajaran dimulai.

Beberapa negara bagian, termasuk Florida dan Iowa, mewajibkan sekolah untuk memberikan setidaknya beberapa pembelajaran secara langsung, sementara gubernur Carolina Selatan dan Missouri telah merekomendasikan semua ruang kelas dibuka kembali.

Los Angeles, distrik sekolah terbesar kedua di negara itu, mengatakan siswa akan tetap di rumah untuk awal semester baru.

Texas awalnya menyerukan agar sekolah dibuka kembali tetapi sejak itu mengizinkan distrik untuk mengajukan keringanan karena negara bagian bergulat dengan meningkatnya beban kasus. 

Distrik Sekolah Independen Houston mengatakan bahwa tahun ajaran akan dimulai secara virtual pada 8 September, tetapi akan bergeser ke pembelajaran tatap muka pada 19 Oktober.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×