kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lewat perusahaan baru kembangkan game baru (4)


Jumat, 03 Juni 2016 / 15:48 WIB
Lewat perusahaan baru kembangkan game baru (4)


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

Tidak pernah terbayang sekali pun dalam benak Markus Persson, game ciptaannya, Minecraft bakal menjadi besar dan menjadi mesin pencetak uang. Pasca-penjualan Minecraft dan 70% saham Mojang AB, Markus mendapat dana senilai US$ 2,5 miliar. Markus pun melanjutkan eksperimennya membentuk game baru yang bisa tumbuh dan menjadi sukses seperti Minecraft. Tak dipungkiri, penjualan Minecraft meninggalkan sedikit penyesalan dalam diri Markus.

Setelah game ciptaannya yaitu Minecraft dan perusahaan yang ia dirikan Mojang AB diakuisisi Microsoft, Markus Persson tidak berhenti berinovasi. Tercatat beberapa eksperimen proyek kecil dan penyempurnaan game dalam forum komunitas pengembang terus dilalap Markus. Bersama beberapa pendiri dan developer di Mojang, yaitu Jakob Porser, Markus mendirikan perusahaan pengembang game Rubberbrain.

Dari penjualan 70% saham Mojang kepada Microsoft dan Minecraft, Markus memperoleh dana segar US$ 2,5 miliar atau setara Rp 34,24 triliun. Banyak yang mengkritik Markus karena pencipta Minecraft ini menjadi tidak produktif dalam mengembangkan produk sejenis. Hal ini karena, sejak proses akuisisi hingga tahun 2015, nyaris tidak ada game setara Minecraft dan Scrolls yang diproduksi lagi oleh Mojang.

Mengutip Techtimes, memang ada beberapa game yang pernah dikembangkan Markus, namun ditinggalkan dan pengembangannya diserahkan ke komunitas. Beberapa contoh game tersebut adalah game berbasis open sandbox 0x10c yang merupakan permainan bergenre fiksi ilmiah ini seakan dilepaskan saja oleh Markus ke komunitas. Selain itu, ada pula game bernama Rex Kwon Do yang bisa disebut proyek gagal yang dikembangkan Markus.

Markus seperti pernah ditulis Forbes dan diungkap dalam twitter pribadinya menyatakan, tidak pernah menyangka game yang diciptakannya menjadi besar dan kemudian menjadi mesin uang. Pria yang tidak sengaja mendapatkan banyak uang dari Minecraft tersebut, sejak awal dan sampai saat ini mengaku hanya tertarik mengembangkan game dan menyukai hal yang terkait dengan kegiatan tersebut.

Oleh karena itu, ketika mendapatkan uang tunai dari penjualan Mojang, dalam twitter pribadinya, Markus cenderung terlihat menyesal. Ini disebabkan Markus menjadi sangat kesepian akibat perubahan gaya hidup saat tak lagi bersama Minecraft.

Namun pada awal tahun 2016 ini, publik dikejutkan dengan inovasi yang muncul dari Markus. Pria yang saat ini berumur 37 tahun tersebut dalam twitter pribadinya mengatakan tengah mengembangkan virtual reality dengan basis web browser. Markus mengatakan, ke depan game akan banyak memakai platform tersebut.

Akuisisi Mojang oleh Microsoft juga karena perusahaan yang didirikan Bill Gates itu sedang mengembangkan platform virtual reality sebagai langkah persaingan melawan Facebook yang sudah lebih dahulu membeli teknologi virtual reality dari Oculus Rift.

Dalam percobaan kecil-kecilannya, Markus menemukan bahwa teknologi virtual reality nantinya bisa dikembangkan dengan memanfaatkan browser. Markus pun kini tengah menyibukkan diri dengan sejumlah eksperimen di perusahaan barunya, Rubberbrain.

Sedangkan, Microsoft sedang menyiapkan strategi pengembangan Minecraft agar dapat kian menarik pasar.

Microsoft boleh dibilang sangat beruntung mengakuisisi Mojang yang memiliki game online popular Minecraft. Sebab, sampai saat ini Minecraft merupakan game komputer pencetak penjualan terbanyak di dunia. Selain itu, jika dihitung dari semua platfrom game yang ada, Minecraft merupakan game ketiga terlaris di dunia setelah Tetris dan Wii Sport.

Saat ini, diseluruh dunia Minecraft telah dimainkan oleh sekitar 700 juta pecinta game (gamers) lintas plafform. Karena tingginya penetrasi Minecraaft diseluruh dunia tersebut, Microsoft kemudian menggunakannya sebagai alat pendongkrak penjualan komputer personal (PC), laptop, gadget. Termasuk juga untuk memajukan dunia pendidikan.                   

(Selesai)




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×