kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Media pemerintah China sebut Menlu AS sebagai orang jahat dan gila


Selasa, 05 Mei 2020 / 23:05 WIB
Media pemerintah China sebut Menlu AS sebagai orang jahat dan gila


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Media milik pemerintah China melanjutkan serangan mereka terhadap Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menggambarkannya sebagai politisi jahat dan sinting karena menyalahkan China atas wabah corona.

Dilansir dari South China Morning Post, serangan terhadap Pompeo mulai memanas minggu lalu ketika media berita pemerintah China CCTV menyebutnya sebagai musuh bersama umat manusia setelah ia menyalahkan Partai Komunis Tiongkok karena salah menangani Covid-19 lewat wawancaranya dengan Fox News.

Baca Juga: Investor pergi dari China, India tawarkan lahan seluas dua kali lipat Luksemburg

Komentar dalam corong media yang dikendalikan oleh negara China ini menggerakkan serangan terhadap Pompeo setelah wawancara lain dengan ABC News pada hari Minggu di mana ia mengatakan ada bukti besar bahwa virus corona yang menyebabkan Covid-19 berasal dari lab di Institut Virologi Wuhan.

Beijing telah marah dengan tuduhan yang dibuat oleh Pompeo dengan mengatakan asal mula virus ini tengah diselidiki para ilmuwan. China juga menyoroti penilaian ilmiah bahwa tidak ada bukti untuk menghubungkan wabah dengan laboratorium Wuhan.

Anthony Fauci, anggota terkemuka gugus tugas coronavirus Gedung Putih, mengatakan virus itu kemungkinan berasal dari hewan, dan menggambarkan kemungkinan kebocoran tidak disengaja dari laboratorium sebagai argumen yang kurang kuat.

Komunitas intelijen AS juga mengatakan virus Covid-19 bukanlah buatan manusia atau dimodifikasi secara genetis, tetapi menambahkan akan terus menentukan apakah asalnya berasal dari sumber hewan atau kecelakaan di laboratorium.

Baca Juga: Akibat corona, berbagai negara khawatir industri strategisnya diakuisisi China

Pada hari Selasa The Guardian melaporkan bahwa sumber-sumber intelijen yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan adanya hubungan antara virus dan laboratorium Wuhan, sementara sumber-sumber intelijen Australia mengatakan kepada The Sydney Morning Herald sesuatu yang serupa.

Akibat kemarahan ini, penyiar CCTV menyebut Pompeo sebagai orang yang gila.  "Jika politisi jahat seperti Pompeo terus berbohong dan menggertak, maka 'makes America great again' hanya dapat dilihat sebagai lelucon," kata komentar lain yang dirilis oleh Radio Nasional China.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×