Sumber: money.cnn | Editor: Mesti Sinaga
Merger besar-besaran di industri televisi kabel Amerika Serikat akan segera diumumkan.
Seorang sumber menyatakan, Selasa ini (26/5) Charter Communications akan mengumumkan rencananya membeli Warner Cable (TWC) dan sebuah penyedia televisi kabel kecil, Bright House Networks.
Charter adalah pemain televisi kabel terbesar ketiga di Amerika Serikat (AS). Sementara Time Warner Cable adalah pemain kedua terbesar.
Jika terlaksana, maka gabungan Charter-Time Warner Cable dan Bright House akan memiliki 18,8 juta pelanggan (subscribers) broadband internet dan sekitar 17 juta pelanggan televisi kabel.
Penyatuan usaha ini akan menaikkan posisi tawar perusahaan gabungan tersebut dalam bernegosiasi dengan pemilik saluran (channel), seperti Disney maupun ketika bersaing dengan kekuatan baru, seperti Netflix.
Senin (25/5), Bloomberg melaporkan Charter akan membeli Time Warber Cabel dengan harga US$ 195 per saham.
Berhembusnya isu transaksi ini telah melambungkan harga saham Time Warner Cable. Sebelum libur akhir pekan lalu, saham Time Warner Cabel ditutup pada harga tertinggi sepanjang sejarah, yakni US$ 171,18 per saham.
Namun, rencana mega-merger ini masih harus melalui berbagai aturan yang ditetapkan oleh regulator AS. Regulator yang sama, sebelumnya telah menghentikan langkah Comcast membeli Time Warner Cable.
Comcast - provider televisi kabel terbesar di Amnerika Serikat dengan 22 juta pelanggan – sudah setahun lebih mempersiapkan rencana pembelian Time Warner Cable. Namun, 24 April lalu Comcast menarik rencananya membeli Time Warner Cable.
Pemerintah AS memang sangat peduli pada rencana Comcast mengakuisis TWC. Sebab, penggabungan pemain terbesar pertama dan kedua itu akan bisa melahirkan praktik monopoli dan anti-persaingan.
Nah, kini Charter harus yakinkan pemerintah AS bahwa rencananya membeli TWC berbeda dengan Comcast. Kemungkinan, mereka akan berargumen bahwa penggabungan Charterd- TWC dan Bright House akan melahirkan sebuah kekuatan penyeimbang bagi Comcast.
Charter kini hanya memiliki 4,1 juta pelanggan kabel dan 4,9 pelanggan internet. Sementara Bright House memiliki sekitar 2 juta pelanggan kabel, dan Time Warber memiliki 11 juta pelanggan TV kabel dan 12 juta pelanggan internet.