kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,25   -4,93   -0.53%
  • EMAS960.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.05%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Meluncur 9.600 km per jam, rudal hipersonik ini akan jadi andalan Angkatan Udara AS


Minggu, 25 Oktober 2020 / 11:15 WIB
Meluncur 9.600 km per jam, rudal hipersonik ini akan jadi andalan Angkatan Udara AS


Sumber: Sputnik News | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON D.C. Pejabat senior Angkatan Udara AS baru-baru ini mengonfirmasi kehadiran rudal hipersonik terbaru dengan kecepatan luar biasa. Rudal ini juga merupakan senjata hipersonik pertama dari Pentagon.

Dalam sebuah wawancara dengan Air Force Magazine pada 1 Oktober lalu, Mayor Jenderal Andrew Gebara, Direktur Rencana Strategis Komando Serangan Global Angkatan Udara, menjelaskan, rudal hipersonik mampu melesat dengan kecepatan hingga 6.000 mil per jam atau 9.650 km per jam.

"Benda ini mampu melesat hampir 1.000 mil dalam 10-12 menit. Itu luar biasa," ungkap Gebara kepada Air Force Magazine seperti dikutip Sputnik News.

Dengan kecepatan tersebut, rudal hipersonik AS ini mampu melesat 5.000 hingga 6.000 mil per jam atau setara 6,5 sampai 7,5 kali kecepatan suara.

Rudal hipersonik AGM-183A Air-Launching Rapid-Response Weapon (ARRW) akan melakukan peluncuran pertama pada akhir 2021 mendatang.

Komandan Komando Serangan Global Angkatan Udara AS Jenderal Timothy M. Ray mengatakan, rudal hipersonik tersebut merupakan senjata hipersonik yang dimiliki Pentagon alias Departemen Pertahanan negeri uak Sam. 

Baca Juga: Pentagon mendapat persetujuan atas potensi penjualan senjata ke Taiwan

Sang jenderal berharap, rudal hipersonik tersebut bisa mencapai kemampuan operasional awal dalam beberapa tahun mendatang.

"Senjata tersebut secara unik akan dibawa oleh bomber B-52 Stratofortress, yang telah menerima sejumlah peningkatan baru yang memungkinkannya untuk menembakkan rudal jarak jauh," kata Ray.

Masih kalah cepat dari rudal hipersonik Rusia

Hanya, Sputnik News menyebutkan, rudal hipersonik AS masih belum mampu mengalahkan kecepatan rudal hipersonik Rusia.

Saat ini, Rusia memiliki rudal hipersonik AWWR, masing-masing adalah Kinzhal yang mampu melesat 7.600 mil per jam (Mach 10) dan Avangard yang mampu melesat 15.300 mil per jam (Mach 20).

Satu rudal hipersonik lagi bernama Tsirkon, yang baru diuji coba pekan lalu, juga mampu melesat dalam level kecepatan Mach 8.

Selanjutnya: Pentagon siapkan proyek rudal nuklir terbaru, habiskan dana sekitar US$ 96 miliar




TERBARU

[X]
×