kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menarik! Ini Investasi yang Bisa Anda Lirik Selama Inflasi ala Warren Buffett


Jumat, 11 Maret 2022 / 06:22 WIB
Menarik! Ini Investasi yang Bisa Anda Lirik Selama Inflasi ala Warren Buffett
ILUSTRASI. Warren Buffett mencatat bahwa bisnis terbaik selama inflasi adalah bisnis yang Anda beli sekali. REUTERS/Scott Morgan


Sumber: Sydney Morning Herald,MarketWatch | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Warren Buffett yang merupakan CEO Berkshire Hathaway, selama rapat pemegang saham 2015, mencatat bahwa bisnis terbaik selama inflasi adalah bisnis yang Anda beli sekali dan kemudian Anda tidak harus terus melakukan investasi modal setelahnya.

Dia juga bilang, "Sementara Anda harus menghindari bisnis apa pun dengan investasi modal yang besar.” 

Melansir Market Watch, Warren Buffett menyoroti real estat sebagai barang bagus selama inflasi, yang mungkin Anda beli sekali dan kemudian juga mendapatkan kenaikan nilainya.

Sementara itu, Warren Buffett menyebut bisnis seperti utilitas dan rel kereta api sebagai investasi yang tidak baik selama inflasi.

Dan pada rapat pemegang saham 2009, Buffett mencatat bahwa hal terbaik pertama yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dari inflasi adalah berinvestasi pada diri sendiri dan keterampilan Anda. 

Baca Juga: Ini Jenis Investasi yang Dipilih Warren Buffett Saat Terjadi Perang di Dunia

"Jika Anda adalah guru terbaik, jika Anda ahli bedah terbaik, jika Anda pengacara terbaik, Anda akan mendapatkan bagian Anda dari kue ekonomi nasional terlepas dari nilai apa pun mata uangnya," katanya. 

Setelah itu, katanya, perlindungan terbaik kedua adalah bisnis yang luar biasa, yang berarti perusahaan yang produknya diminati meskipun perusahaan harus menaikkan harga.

Dan dalam surat tahun 1981 kepada pemegang saham, Warren Buffett mungkin menjelaskan semua ini sejelas sebelumnya. Dia menulis bahwa perusahaan yang cenderung tahan terhadap lingkungan inflasi harus memiliki dua karakteristik.

Baca Juga: Warren Buffett Beli Saham Occidental Petroleum Senilai US$ 5,1 Miliar

Pertama, kemampuan untuk menaikkan harga dengan lebih mudah (bahkan ketika permintaan produk datar dan kapasitas tidak sepenuhnya digunakan) tanpa takut kehilangan pangsa pasar atau volume unit yang signifikan. 

Kedua, kemampuan untuk mengakomodasi peningkatan volume dolar yang besar dalam bisnis (seringkali lebih banyak dihasilkan oleh inflasi daripada pertumbuhan riil) dengan hanya sedikit penambahan modal.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×