Menjual Bisnisnya ke ExpoBank, HSBC Keluar dari Rusia

Jumat, 22 Juli 2022 | 18:00 WIB   Reporter: Ignatia Ivani
Menjual Bisnisnya ke ExpoBank, HSBC Keluar dari Rusia

ILUSTRASI. The HSBC bank logo is seen in the Canary Wharf financial district in London, Britain, March 3, 2016. REUTERS/Reinhard Krause


KONTAN.CO.ID -LONDON. HSBC Holding telah setuju untuk menjual bisnisnya yang ada di Rusia ke Expobank.

Kesepakatan penandatangan ini perlu dilakukan segera mungkin, sebelum Moskow berencana memblokir penjualan bisnis bank asing di Rusia.

"Dari tinjauan strategis yang kami lakukan, HSBC saat ini telah menandatangani perjanjian untuk menjual 100% kepemilikan sahamnya di HSBC Bank LLC ke Expobank JSC," kata juru bicara bank kepada Reuters, Kamis (21/7).

Penyelesaian tersebut menjadi Langkah HSBC keluar dari Rusia. HSBC mengatakan transaksi itu masih tunduk pada persetujuan peraturan di Rusia.

Expobank pun tidak segera menanggapi permintaan komentar.



Pekan lalu, Wakil Menteri Keuangan Rusia Alexei Moiseev mengatakan Rusia akan memblokir penjualan bisnis Rusia terhadap bank asing. Bersamaan dengan itu, beberapa bank Rusia di luar negeri juga tidak dapat berfungsi secara normal.

Chief Finansial Officer HSBC Ewen Stevenson menyampaikan mereka mempekerjakan sekitar 200 orang di Rusia.

Adapun bisnis HSBC di Rusia terdiri dari bisnis perbankan korporasi yang menawarkan berbagai layanan perbankan pinjaman dan investasi kepada pelanggan domestik dan multinasional. Tidak diketahui persis aset bank tersebut, tetapi Stevenson menyebutkan saat ini pendapatan HSBC di Rusia sekitar $15 juta, dari pendapatan grup sebesar $50 miliar.

Editor: Lamgiat Siringoringo

Terbaru