kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Meski Ada Kesepakatan, Filipina Bakal Tetap Tegaskan Haknya di Laut China Selatan


Selasa, 23 Juli 2024 / 05:34 WIB
Meski Ada Kesepakatan, Filipina Bakal Tetap Tegaskan Haknya di Laut China Selatan
ILUSTRASI. Filipina akan terus menegaskan haknya di Laut China Selatan setelah mencapai perjanjian sementara dengan China. REUTERS/Damir Sagolj


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MANILA. Filipina akan terus menegaskan haknya di Laut China Selatan setelah mencapai "perjanjian sementara" dengan China mengenai misi pasokan ke Second Thomas Shoal yang diperebutkan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kementerian Luar Negeri Filipina pada Senin (22/7/2024).

Mengutip Reuters, meskipun Kementerian Luar Negeri China dan Departemen Luar Negeri Filipina (DFA) tidak memberikan rincian mengenai pengaturan tersebut, Manila mengatakan hal itu tidak akan merugikan posisi nasional masing-masing.

“Dalam keinginan kami untuk meredakan ketegangan di Laut China Selatan guna mengatasi perbedaan secara damai, kami menekankan bahwa perjanjian tersebut dilakukan dengan itikad baik dan Filipina tetap siap untuk melaksanakannya,” kata DFA dalam sebuah pernyataan.

DFA juga menambahkan, “Kami mendesak Tiongkok untuk melakukan hal yang sama.”

Kementerian Luar Negeri China mengonfirmasi “pengaturan sementara” tersebut dan kedua belah pihak sepakat untuk bersama-sama mengelola perbedaan maritim dan meredakan ketegangan.

Baca Juga: China-Filipina Sepakat Pengaturan Sementara untuk Misi Pasokan di Laut China Selatan

China mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan, termasuk Second Thomas Shoal, tempat Filipina memiliki kapal angkatan laut Sierra Madre, yang sengaja dikandangkan pada tahun 1999 untuk memperkuat klaim maritimnya.

Manila secara teratur mengirimkan misi pasokan kepada para pelaut yang ditempatkan di kapal tersebut, sehingga menjadikannya titik konflik dengan Beijing.

Kementerian Luar Negeri China menegaskan kembali permintaannya kepada Filipina untuk menarik kapal perang yang dikandangkan tersebut, dan mengatakan pihaknya tidak akan menerima Manila mengirimkan sejumlah besar bahan bangunan ke perairan dangkal tersebut.

Baca Juga: Filipina Bangun Bandara di Laut China Selatan, Hubungan dengan China Bisa Memburuk

“Antara sekarang dan ketika kapal perang ditarik, jika Filipina perlu mengirimkan kebutuhan hidup kepada personel yang tinggal di kapal perang tersebut, China bersedia mengizinkannya dalam semangat kemanusiaan jika Filipina memberi tahu China terlebih dahulu dan setelah verifikasi di lokasi dilakukan,” kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan.

Asisten Menteri Luar Negeri AS Dan Kritenbrink kepada wartawan mengatakan, Washington menyambut baik upaya diplomatik untuk meredakan ketegangan di Laut China Selatan.

“Saya pikir kuncinya sekarang dari sudut pandang kita adalah memastikan bahwa hal ini dilaksanakan. Hal pertama dan kedua adalah China menghentikan aktivitas provokatif dan destabilisasi di sekitar Second Thomas Shoal yang telah kita lihat dalam beberapa minggu terakhir,” katanya.

Filipina sebelumnya mengatakan bahwa mereka menentang pemberian informasi kepada China terlebih dahulu mengenai misi pasokan mereka, yang menurut mereka sah. Filipina juga menegaskan bahwa hal ini tidak berubah berdasarkan perjanjian baru meskipun ada pernyataan dari kementerian China.

“Prinsip-prinsip dan pendekatan yang tertuang dalam perjanjian tersebut dicapai melalui serangkaian konsultasi yang cermat antara kedua belah pihak yang membuka jalan bagi konvergensi gagasan tanpa mengorbankan posisi nasional,” kata DFA Filipina.

"Oleh karena itu, pernyataan juru bicara mengenai pemberitahuan sebelumnya dan konfirmasi di tempat tidak akurat," tambahnya.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×