kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski Dikritik, PM Jepang Tetap Selenggarakan Pemakaman Kenegaraan untuk Shinzo Abe


Kamis, 08 September 2022 / 15:33 WIB
Meski Dikritik, PM Jepang Tetap Selenggarakan Pemakaman Kenegaraan untuk Shinzo Abe
ILUSTRASI. PM Jepang menerima kritik bahwa dia tidak cukup menjelaskan mengapa dia menginginkan pemakaman kenegaraan untuk Shinzo Abe. Yoshikazu Tsuno/Pool via REUTERS


Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Perdana Menteri Jepang menerima kritik bahwa dia tidak cukup menjelaskan mengapa dia menginginkan pemakaman kenegaraan untuk mantan perdana menteri yang terbunuh Shinzo Abe tetapi membela keputusan yang telah membantu menyeret dukungannya ke titik terendah yang pernah ada.

Keputusan Perdana Menteri Fumio Kishida untuk mengadakan pemakaman pada 27 September, yang akan dibiayai oleh negara, telah menimbulkan oposisi publik yang luas, terutama karena pengungkapan yang muncul setelah pembunuhan Abe terhadap hubungan antara partai yang berkuasa dan kelompok gereja yang kontroversial.

"Saya dengan rendah hati menerima kritik bahwa penjelasan saya tidak cukup," kata Kishida kepada anggota parlemen dalam menanggapi pertanyaan tentang masalah tersebut.

Baca Juga: Dukungan untuk PM Jepang Kishida Turun, Terpukul Isu tentang Gereja dan Kasus Covid

Abe, perdana menteri terlama tetapi memecah belah Jepang, ditembak dan dibunuh pada rapat umum pemilihan pada 8 Juli.

Pembunuhnya yang dicurigai, ditangkap di tempat kejadian beberapa saat setelah pembunuhan, menaruh dendam terhadap Gereja Unifikasi, menuduhnya membuat ibunya bangkrut, dan menyalahkan Abe karena mempromosikannya.

Mayoritas anggota masyarakat merasa bahwa hubungan antara Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa dan gereja, yang didirikan di Korea Selatan pada 1950-an dan terkenal dengan pernikahan massalnya, belum dijelaskan secara memadai.

Banyak pemilih juga skeptis bahwa partai politik akan memutuskan hubungan dengan gereja, seperti yang telah dijanjikan Kishida. LDP akan mengumumkan hasil penyelidikannya terhadap hubungan anggota pada hari Kamis.

Baca Juga: Dukungan Publik Terhadap Fumio Kishida Anjlok ke Level Terendah Sejak Jabat PM Jepang

Menggunakan informasi yang tersedia di situs web dan sumber legislator termasuk video yang diposting oleh gereja, Reuters telah mengidentifikasi setidaknya 65 anggota parlemen LDP termasuk Abe dan 23 anggota faksi sayap kanannya.

Kishida mengatakan dia memutuskan untuk mengadakan pemakaman kenegaraan mengingat kontribusi Abe kepada negara dan prestasinya, yang telah diakui di dalam dan luar negeri.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×