kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mnuchin: cek stimulus warga dewasa US$ 1.000 dan anak US$ 500


Kamis, 19 Maret 2020 / 23:43 WIB
Mnuchin: cek stimulus warga dewasa US$ 1.000 dan anak US$ 500
ILUSTRASI. U.S. Treasury Secretary Steven Mnuchin attends a session at the 50th World Economic Forum (WEF) annual meeting in Davos, Switzerland, January 21, 2020. REUTERS/Denis Balibouse


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin menyatakan stimulus pembayaran langsung ke warga AS akan siap diberikan pasca kongres mendukung rencana itu. Perincianya: sebesar US$ 1.000 per orang dewasa dan sebesar US$ 500 per anak dalam waktu tiga minggu.

Mnuchin dalam wawancara dengan Fox Business, Kamis pagi mengatakan, penyerahan uang tunai kepada semua rumah tangga Amerika sudah  mendapatkan dukungan di Kongres. Pasalnya ini cara terbaik untuk menopang perekonomian yang hampir terhenti oleh sevaran  virus corona.

Menurutnya, saat ini.,  orang-orang Amerika menghentikan sebagian besar kehidupan sehari-hari demimenghindari penyebaran virus. Dampaknya ekonomi dan bisnis merosot.

Makanya, Gedung Putih meminta Kongres untuk memberikan tambahan stimulus sebesar US$ 1,3 triliun, termasuk $ 500 miliar dalam pembayaran langsung ke warga Amerika, US$ 50 miliar dalam pinjaman untuk sektor maskapai penerbangan yang dalam  tekan bisnis dan  sebesar $ 150 miliar untuk sektor-sektor yang sangat tertekan.

"Kami benar-benar fokus pada penyediaan likuiditas untuk bisnis Amerika dan pekerja Amerika," kata Mnuchin. Menurut dia, situasi saat ini belum pernah terjadi sebelumnya sampai opsi penutupan.

Mnuchin mengatakan pembayaran akan keluar dalam waktu tiga minggu setelah Kongres meloloskan undang-undang tersebut. Hanya, beberapa mantan pejabat IRS dan Departemen Keuangan skeptis bahwa pembayaran bisa memakan waktu berbulan-bulan, bukan minggu, untuk mencapai rumah tangga.

Hanya Mnuchin memperkirakan, setiap putaran pembayaran langsung akan menelan biaya sekitar US$ 250 miliar. Republik kini tengah mengerjakan rencana stimulus yang akan dirilis segera hari Kamis yang juga mencakup proposal untuk pembayaran langsung ke rumah tangga.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×