MSCI akan hapus lima perusahaan China dari indeks global

Selasa, 26 Januari 2021 | 16:22 WIB Sumber: Reuters
MSCI akan hapus lima perusahaan China dari indeks global

ILUSTRASI. Bursa Amerika. REUTERS/Lucas Jackson/File Photo


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. MSCI Inc mengatakan akan menghapus lima perusahaan China dari indeks saham global andalannya pada akhir perdagangan 27 Januari jika tak ada pembaruan pada perintah administrasi Trump yang melarang orang Amerika untuk berinvestasi di perusahaan China tertentu.

Lima perusahaan, yakni CGN Power Co, China National Chem, China National Nuclear Power, China Shipbuilding Industry dan Inspur International - akan dihapus dari Indeks MSCI ACWI, indeks tertimbang kapitalisasi non-pasar yang relevan, dan indeks khusus.

Mengutip Reuters, Selasa (26/1), MSCI mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya akan menghapus sekuritas jika tidak ada panduan baru dari Office of Foreign Assets Control (OFAC) pada 26 Januari pukul 12 malam waktu setempat. 

OFAC adalah badan di dalam departemen Keuangan AS, yang bertanggung jawab untuk memberlakukan sanksi.

Baca Juga: MSCI dan FTSE Russell hapus tiga perusahaan telekomunikasi China dari indeks global

Presiden Joe Biden, yang menjabat pada hari Rabu, belum menguraikan rencana perintah eksekutif Trump yang memaksa divestasi sekuritas China, tetapi dapat dengan mudah mencabutnya.

Mantan Presiden Trump telah melarang orang Amerika berinvestasi di perusahaan China yang menurut Departemen Pertahanan memiliki hubungan dengan militer, sebuah pernyataan yang disangkal banyak perusahaan dan yang menurut pemerintah China tidak memiliki bukti.

Selanjutnya: Pasar saham global catatkan rekor baru didorong harapan stimulus fiskal AS

 

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru