kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Naluri bisnis diasah ketika jadi sales obat (2)


Rabu, 19 September 2018 / 14:45 WIB
Naluri bisnis diasah ketika jadi sales obat (2)
ILUSTRASI. FENOMENA - Ramesh Juneja


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tri Adi

Kesuksesan Ramesh Juneja membangun perusahaan farmasi di India hingga menjadi besar, harus melewati proses dari nol terlebih dulu. Ia awalnya seorang tenaga pemasar (sales) pada umumnya yang bertugas menjual obat-obatan milik KeePharma dari pintu ke pintu. Bertahun-tahun ia menjadi tenaga pemasar di wilayah pinggiran India yang medannya tidak mudah. Dari situ ia melihat pasar di sektor farmasi yang besar lantaran persaingan masih sedikit.

Ramesh Juneja kini bercokol sebagai salah satu miliarder dari India. Majalah Forbes mengkalkulasi kekayaannya yang mencapai US$ 1,8 miliar. Pundi-pundi uang tersebut ia raih dari Mankind Pharma Limited, perusahaan farmasi yang ia dirikan pada tahun 1995.

Namun Ramesh memiliki perbedaan ketimbang kebanyakan taipan farmasi lain. Meski awal kariernya sudah berkecimpung dengan dunia obat-obatan, tapi ia bukanlah lulusan ilmu farmasi seperti pengusaha farmasi lain. Tapi ia bisa memanfaatkan pengalaman puluhan tahun sebagai penjual untuk merajai industri ini.

Berasal dari keluarga sederhana, orang tua Ramesh masih bisa menyekolahkan sampai perguruan tinggi. Lulus dari pendidikan ilmu sains, ia langsung bekerja di perusahaan farmasi bernama KeePharma pada tahun 1974. Sebagai pegawai baru, ia ditugaskan untuk berjualan sampai ke desa-desa di Uttar Pradesh.

Wilayah pemasaran yang luas bukanlah tugas yang enteng bagi Ramesh. Ia mesti menghabiskan banyak waktu untuk menempuh perjalanan guna menemui sejumlah orang yang bisa ditawarkan obat-obatan.

Meski merupakan tugas yang berat, namun ia bisa mendapat sejumlah pelajaran dari pekerjaannya tersebut. Ia melihat wilayah-wilayah pinggiran masih jarang dilirik oleh tenaga pemasar dari perusahaan farmasi lain. Dus, kawasan seperti itu sebenarnya memiliki potensi yang besar untuk dimasuki karena persaingan belum ketat.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×