kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nestle SA menjual € 8,9 miliar saham L'Oreal


Rabu, 08 Desember 2021 / 10:34 WIB
Nestle SA menjual € 8,9 miliar saham L'Oreal
ILUSTRASI. Nestle SA akan memangkas sahamnya di L'Oreal menjadi sekitar 20%.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - PARIS. Nestle SA akan memangkas sahamnya di L'Oreal menjadi sekitar 20% dengan menjual saham senilai € 8,9 miliar setara US$10 miliar ke merek kosmetik asal Prancis tersebut.

Mengutip Reuters, Rabu (8/12), kepemilikan pembuat Nescafe di raksasa kecantikan tersebut telah menjadi subjek pengawasan ketat selama bertahun-tahun. Nestle tetap mempertahankan minatnya baik finansial dan strategis, bahkan ketika investor aktivis Third Point mendesak pelepasan pada pertengahan 2017. 

Berusaha untuk mengurangi bobot kepemilikan L'Oreal sambil mempertahankan level di atas 20%, Nestle mendekati L'Oreal dua bulan lalu, memulai serangkaian negosiasi yang melibatkan pimpinan kedua perusahaan.

Baca Juga: Nestle Indonesia perkuat kemitraan untuk peternakan sapi

Setelah kesepakatan itu, Nestle mengatakan akan memiliki 20,1% saham L'Oreal, turun dari 23,3% sebelumnya. L'Oreal, sementara itu, akan membeli kembali saham yang mewakili 4% dari modalnya dan bisa membatalkannya paling lambat pada 29 Agustus.

L'Oreal, yang membayar € 400 per saham, mengatakan kesepakatan itu akan memiliki efek kenaikan pada pendapatan per saham perusahaan lebih dari 4% dalam setahun penuh. Perusahaan kecantikan membayar dengan uang tunai dan utang.

Sebagai hasil dari transaksi, yang diperkirakan akan selesai dalam beberapa hari mendatang, porsi kepemilikan keluarga Bettencourt Meyers, akan naik menjadi 34,7% dari 33,3%. Tapi, tidak ada tawaran pengambilalihan.

Sekadar informasi saja, Nestle pada Oktober 2019 juga telah menutup penjualan bisnis kesehatan kulitnya seharga 10,2 miliar franc Swiss. Ini adalah langkah Nestle untuk mengurangi paparan bisnis yang berkinerja buruk.

Baca Juga: Tata Starbucks Membidik Ekspansi Gerai Kecil dan Outlet Drive-Through di India




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×