kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR15.213
  • EMAS622.149 -0,48%

Orangutan terakhir di Jerman pindah ke New Orleans

Senin, 17 September 2018 / 06:29 WIB

Orangutan terakhir di Jerman pindah ke New Orleans
ILUSTRASI. Orang utan



KONTAN.CO.ID - DW. Kebun Binatang 'Adventure Zoo' di Hannover mengambil keputusan bahwa bonbin mereka bukan lagi tempat terbaik bagi orangutan Sumatra berusia 22 tahun ini.  Dua orangutan dari Hannover lainnya telah pindah ke Kebun Binatang Fort Worth di Texas tahun lalu.

Lauren Messina Conrad dari Audubon Zoo (AZA), kebun binatang di New Orleans - rumah baru Jambi - mengatakan keputusan untuk memindahan Jambi  telah diambil setelah Kebun Binatang Hannover memutuskan untuk berhenti memamerkan orangutan di kandang mereka yang berusia 38 tahun.

Rumah baru Jambi dilengkapi pohon palem dan pohon-pohon setinggi 12,8 meter untuk dipanjat, tempat tidur gantung dan air terjun di sebuah kandang yang dibuka tiga tahun lalu.

Tiga betina  akan diperkenalkan kepada  Jambi setelah ia tiba pada bulan Oktober: Reese dan Menari dan ibunya, Feliz yang berusia 29 tahun. Orangutan bisa hidup sampai usia 50 tahunan dan kadang-kadang lebih.

Keanekaragaman genetik

Courtney Eparvier, kurator Primata di AZA mengatakan: " Bergabungnya Jambi dengan populasi orangutan Sumatera di AZA akan menambah keragaman genetik spesies, dan harapan kami adalah bahwa sebagai salah satu pejantan, ia akan berkontribusi untuk  menyelamatkan spesies yang terancam punah ini dalam waktu dekat."

Jambi pindah ke Hannover dari kebun binatang Perancis La Bossière du Dore sepuluh tahun lalu. Klaus Meyer, kepala penjaga di Kebun Binatang Hannover mengatakan: "Kami sangat sedih untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Jambi, tetapi kami sangat senang telah menemukan rumah yang bagus untuknya di mana dia akan memiliki keluarga baru."

Penyesuaian bahasa

Staf Bonbin di Audubon sangat ingin belajar bahasa petunjuk atau isyarat Jerman, komunikasi  yang saat ini dipahami oleh Jambi setelah sepuluh tahun tinggal di Jerman dan mereka juga ingin mempelajari perilakunya.

Joel Hamilton, wakil presiden dan kurator general di AZA mengatakan: "Orang-orang di Hannover juga telah menggunakan lebih banyak perintah dalam bahasa Inggris untuk membantunya berkomunikasi."

Orangutan itu berangkat ke AS ditemani pengasuhnya di Jerman dan pengasuhnya yang baru di AS. Hamilton mengatakan lamanya perjalanan dan masa beberapa hari bersama ketika Jambi memulai karantina di Dallas "akan memberi staf kami kesempatan untuk mempelajari beberapa perintah dalam bahasa Jerman sehingga kami dapat terus bertransisi."

Hanya 14.000 orangutan Sumatera yang tersisa di alam liar dan jumlah mereka menyusut lantaran banyak perkebunan kelapa sawit meluas ke habitat mereka di hutan-hutan.

 

Sumber : DW.com
Editor: Sri Sayekti

JERMAN

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0022 || diagnostic_api_kanan = 0.0688 || diagnostic_web = 0.6440

Close [X]
×