kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Oyo Hotel berhasil kumpulkan dana US$ 1,5 miliar untuk ekspansi


Senin, 07 Oktober 2019 / 20:58 WIB

Oyo Hotel berhasil kumpulkan dana US$ 1,5 miliar untuk ekspansi
ILUSTRASI. Aplikasi OYO


KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Perusahaan rintisan asal India Oyo Hotel and Homes kembali mendapatkan suntikan dana sebesar US$ 1,5 miliar dari beberapa investor di antaranya sang pendiri Ritesh Agarwal, SoftBank Group Corp.

Dana tersebut nantinya akan dipakai untuk mewujudkan rencana ekspansi Oyo ke pasar luar negeri seperti Amerika Serikat (AS) dan Eropa. 

Menurut artikel yang dimuat Bloomberg, Senin (7/10), Agarwal akan menghabiskan uang sebanyak US$ 700 juta untuk membeli saham baru di perusahaan tersebut. Pria yang berusia 25 tahun itu juga berniat untuk melipatgandakan porsi kepemilikan sahamnya di Oyo, dengan total dana yang disiapkan senilai US$ 2 miliar.

Sementara investor eksisting seperti SoftBank Vision Fund, Lightspeed Venture Partners dan Sequoia India juga dipastikan bakal berkontribusi pada sisa putaran pengumpulan dana saat ini.

Baca Juga: OYO Hotels & Homes investasikan US$ 30 juta untuk bangun jaringan hotel di Bali

Perusahaan yang didirikan oleh Agarwal pada tahun 2013 silam, kini tercatat sebagai perusahaan rintisan yang paling berharga kedua di India dengan valuasi menembus US$ 10 miliar.

Adapun layanan yang ditawarkan Oyo yakni mencakup 1,2 juta kamar di lebih dari 80 negara, termasuk 590.000 kamar di China. Ekspansi terus berlanjut, terutama di kawasan AS tahun ini. Tercatat saat ini pihaknya memiliki 7.500 kamar di sebanyak 60 kota.

"Kami percaya bahwa kami akan dapat membangun merek global yang benar-benar keluar dari India, sembari memastikan bahwa bisnis tersebut berjalan secara efisien dengan jalur yang jelas menuju profitabilitas," terang Agarwal dalam keterangan resminya.

Sebelumnya, pada bulan Juli 2019 lalu, Agarwal memang telah membulatkan tekadnya untuk menghabiskan dana sebanyak US$ 2 miliar untuk meningkatkan kepemilikannya di perusahaan hingga 30% dari sekitar 10%.

Bank-bank Jepang seperti Mizuho Financial Group Inc dan Nomura Holdings Inc turut mendukung rencana tersebut dan siap mendanai. 

Menurut sumber Bloomberg, ia bakal membeli beberapa saham dari Sequoia dan Lightspeed, dan akan melakukan transaksi melalui entitas yang disebut RA Hospitality Holdings.

Baca Juga: OYO Hotels and Homes melakukan pemutusan kerjasama dengan beberapa mitra pemilik aset

Oyo tengah injak gas untuk menjadi perusahaan rintisan dengan valuasi terbesar, yang kini dipegang oleh One97 Communication, induk dari perintis pembayaran digital di India Paytm. 

Selain kedua perusahaan ini, perusahaan e-dagang raksasa Flipkart Online Service juga bakal punya valuasi jumbo pasca diakuisisi Walmart sebesar US$ 16 miliar tahun lalu.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×