kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,70   15,31   1.75%
  • EMAS1.360.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakar PBB Desak Semua Negara untuk Mengakui Negara Palestina


Selasa, 04 Juni 2024 / 06:11 WIB
Pakar PBB Desak Semua Negara untuk Mengakui Negara Palestina
ILUSTRASI. Sekelompok pakar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin (3/6/2024) menyerukan agar semua negara mengakui negara Palestina. REUTERS/Osama Abu Rabee


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Sekelompok pakar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin (3/6/2024) menyerukan agar semua negara mengakui negara Palestina. Langkah ini diperlukan guna menjamin perdamaian di Timur Tengah.

Reuters memberitakan, seruan tersebut muncul kurang dari seminggu setelah Spanyol, Irlandia dan Norwegia secara resmi mengakui negara Palestina. Pengakuan tersebut memicu kemarahan Israel, yang semakin terisolasi setelah hampir delapan bulan berperang di Gaza.

Para ahli, termasuk Pelapor Khusus PBB mengenai situasi hak asasi manusia di wilayah Palestina, mengatakan pengakuan negara Palestina merupakan pengakuan penting atas hak-hak rakyat Palestina dan perjuangan mereka menuju kebebasan dan kemerdekaan.

“Ini adalah prasyarat bagi perdamaian abadi di Palestina dan seluruh Timur Tengah – dimulai dengan deklarasi segera gencatan senjata di Gaza dan tidak ada lagi serangan militer ke Rafah,” kata mereka.

Para pakar PBB juga menambahkan, “Solusi dua negara tetap menjadi satu-satunya jalan yang disepakati secara internasional menuju perdamaian dan keamanan bagi Palestina dan Israel dan merupakan jalan keluar dari siklus kekerasan dan kebencian yang terjadi selama beberapa generasi.”

Baca Juga: 66 orang Tewas di Rafah dan Ratusan Lainnya Terluka, Termasuk Anak-Anak

Kementerian Luar Negeri Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar yang dilayangkan Reuters.

Dengan pengakuan mereka atas negara Palestina, Spanyol, Irlandia dan Norwegia mengatakan mereka berupaya mempercepat upaya untuk menjamin gencatan senjata dalam perang Israel dengan Hamas di Gaza.

Ketiga negara tersebut berharap keputusan mereka akan mendorong negara-negara Uni Eropa lainnya untuk melakukan hal yang sama. Parlemen Denmark kemudian menolak proposal untuk mengakui negara Palestina.

Israel telah berulang kali mengecam tindakan pengakuan negara Palestina, dan mengatakan bahwa tindakan tersebut mendukung Hamas, kelompok Islam militan yang memimpin serangan mematikan pada 7 Oktober terhadap Israel yang memicu serangan Israel di Jalur Gaza.

Baca Juga: Ini Isi Proposal 3 Fase Joe Biden untuk Mengakhiri Perang di Gaza

Menurut kementerian kesehatan Gaza, konflik tersebut telah menewaskan lebih dari 36.000 warga Palestina. Israel mengatakan serangan 7 Oktober itu, yang terburuk dalam 75 tahun sejarahnya, menewaskan 1.200 orang, dan lebih dari 250 oran disandera.




TERBARU

[X]
×