kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakistan Tidak Ingin Meningkatkan Perselisihan dengan Iran


Jumat, 19 Januari 2024 / 19:52 WIB
Pakistan Tidak Ingin Meningkatkan Perselisihan dengan Iran


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pakistan menyatakan pada Jumat bahwa mereka tidak berniat untuk meningkatkan ketegangan dengan Iran. Pernyataan ini muncul setelah kedua negara melancarkan serangan terhadap pangkalan militan di wilayah masing-masing.

Perdana Menteri Sementara Pakistan Anwaar ul Haq Kakar memimpin pertemuan Komite Keamanan Nasional yang dihadiri oleh kepala dinas militer. 

Tujuan pertemuan tersebut adalah untuk meninjau situasi keamanan nasional pasca-insiden Iran-Pakistan, seperti yang diungkapkan oleh Menteri Penerangan Murtaza Solangi. Kakar memutuskan untuk mempersingkat kunjungannya ke Forum Ekonomi Dunia di Davos dan kembali ke Pakistan pada hari Kamis.

Baca Juga: Konflik Iran-Pakistan: Latar Belakang dan Aktor yang Terlibat

Meskipun serangan balasan kedua negara tersebut meningkatkan kekhawatiran akan ketidakstabilan di Timur Tengah, keduanya menyatakan keinginan untuk meredakan ketegangan, meskipun sejarah hubungan mereka yang sulit.

Menteri Luar Negeri Pakistan, Jalil Abbas Jilani, menyampaikan melalui panggilan telepon dengan rekan sejawatnya dari Turki bahwa Pakistan tidak tertarik atau berkeinginan untuk eskalasi. 

Iran melaporkan bahwa serangan hari Kamis menewaskan sembilan orang di desa perbatasan mereka, sementara Pakistan mengklaim bahwa serangan Iran pada Selasa menewaskan dua anak.

Baca Juga: Pakistan Balas Menyerang Iran, Timur Tengah Raya Makin Panas

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak kedua negara untuk menahan diri sebanyak mungkin, sementara AS juga mengajukan desakan serupa, meskipun Presiden Joe Biden menyatakan bahwa bentrokan tersebut menunjukkan ketidaksetujuan terhadap Iran di wilayah tersebut.

Kedua negara menyebut serangan tersebut terkait dengan pangkalan separatisme Front Pembebasan Baloch dan Tentara Pembebasan Baloch. Iran menyatakan bahwa drone dan rudalnya menyerang militan dari kelompok Jaish al Adl (JAA).

Kelompok-kelompok militan ini beroperasi di wilayah yang mencakup provinsi Balochistan di barat daya Pakistan dan provinsi Sistan-Baluchestan di tenggara Iran, keduanya merupakan daerah yang bergolak, kaya mineral, dan sebagian besar terbelakang.

Baca Juga: Cukai Rokok 2023 dan Insight Tak Terduga




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×