kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pandemi Covid-19 membuat angka kematian akibat malaria melonjak


Minggu, 12 Desember 2021 / 09:05 WIB
Pandemi Covid-19 membuat angka kematian akibat malaria melonjak


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - DAKAR. Sibuknya fasilitas medis dalam menangani pasien Covid-19 dua tahun terakhir secara tidak langsung membuat pasien malaria terbengkalai. Hal ini menyebabkan angka kematian akibat malaria melonjak di tahun 2020.

Dikutip dari Reuters, laporan malaria tahunan WHO menunjukkan, ada lebih dari 627.000 orang di seluruh dunia, kebanyakan adalah bayi di Afrika, meninggal karena malaria di sepanjang tahun 2020. Jumlahnya naik cukup signifikan dari 2019 yang ada di angka 558.000.

WHO mengakui, sekitar dua pertiga dari kematian malaria tambahan pada tahun 2020 disebabkan oleh pembatasan virus corona yang mengganggu pencegahan, diagnosis, dan pengobatan dasar terkait penyakit itu.

Meskipun demikian, WHO cukup bersyukur karena dunia bisa terhindar dari ancaman yang lebih buruk dari malaria di tengah segala keterbatasan yang ada.

Sebelumnya, WHO memperkirakan, angka kematian akibat malaria di kawasan Sub-Sahara bisa naik hingga dua kali lipat pada 2020. Namun, hal itu tidak terjadi.

Pada kenyataannya, kematian akibat malaria di kawasan tersebut tetap naik sekitar 12% dibandingkan dengan tahun 2019.

"Berkat upaya mendesak dan berat, kami dapat mengklaim bahwa dunia telah berhasil mencegah skenario terburuk kematian akibat malaria," ungkap Pedro Alonso, Direktur Program Malaria Global WHO.

Baca Juga: Peneliti menyebut virus corona varian Omicron cenderung memicu gejala ringan

Pada awal Oktober lalu, WHO telah merekomendasikan agar vaksin malaria RTS,S atau Mosquirix, yang dikembangkan oleh pembuat obat Inggris GlaxoSmithKline (GSK), diberikan secara luas kepada anak-anak di Afrika.

Abdourahmane Diallo, kepala eksekutif kelompok advokasi RBM (Roll Back Malaria) Partnership to End Malaria, mengatakan, distribusi vaksin akan bisa dipercepat berkat adanya banyak bantuan, baik berupa dana maupun alat.

"Dengan peningkatan pendanaan, akses ke alat penyelamat jiwa, dan inovasi kuat, kami dapat mempercepat tindakan transformatif dan mengakhiri malaria dalam satu generasi," ungkap Diallo, seperti dikutip Reuters.

Lebih lanjut, Diallo mendesak para pemimpin dunia untuk memperbarui komitmen investasinya di tengah situasi kritis seperti saat ini.




TERBARU

[X]
×