kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS933.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Pasca diguncang gempa besar, penduduk Selandia Baru mulai turun dari perbukitan


Jumat, 05 Maret 2021 / 09:46 WIB
Pasca diguncang gempa besar, penduduk Selandia Baru mulai turun dari perbukitan
ILUSTRASI. Ilustrasi bendera simbol New Zealand Selandia Baru

Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WELLINGTON. Gelombang tsunami kecil yang dipicu oleh serangkaian gempa bumi dahsyat menghantam pantai timur Pulau Utara Selandia Baru pada hari Jumat dan pihak berwenang mengatakan ribuan penduduk yang telah dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi sekarang dapat kembali ke rumah mereka.

Para pejabat telah memperingatkan bahwa gelombang bisa mencapai tiga meter (10 kaki) di atas permukaan air pasang setelah gempa, yang terkuat berkekuatan 8,1. Tetapi gelombang terbesar sekarang telah berlalu, Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) mengatakan saat menurunkan tingkat ancaman. "Semua orang yang dievakuasi sekarang dapat kembali," kata badan tersebut.

Rekaman video yang diposting di media sosial menunjukkan gelombang air memasuki marina di Northland dan di wilayah East Cape di North Island.

Sebelumnya pada hari Jumat, pekerja, pelajar dan penduduk di daerah seperti Northland dan Bay of Plenty, di pantai utara dekat Auckland, disiagakan setelah tiga gempa lepas pantai dalam waktu kurang dari delapan jam memicu sirene dan peringatan tsunami.

Peringatan darurat dikeluarkan untuk semua wilayah pesisir di sekitar Auckland, kota berpenduduk 1,7 juta jiwa, tempat orang-orang diminta untuk menjauh dari tepi perairan. Tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa tersebut.

Gempa ketiga dan terkuat melanda Kepulauan Kermadec, timur laut Pulau Utara Selandia Baru, pada Jumat pagi, terjadi tak lama setelah gempa berkekuatan 7,4 di wilayah yang sama. Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter melanda sekitar 900 km (540 mil) jauhnya di sebelah timur Pulau Utara.

Baca Juga: Peringatan tsunami dikeluarkan saat gempa bumi kuat ketiga goyang Selandia Baru

Linda Tatare, penduduk Teluk Anaura, di pantai timur Pulau Utara, mengatakan sekitar 50 komunitas kecil pergi ke tempat yang lebih tinggi di pagi hari. "Semua orang, dan anjing mereka, ada di atas bukit," kata Tatare kepada Reuters.

"Kita aman. Kita semua dapat melihat properti kita dari sini,” ujarnya.

Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk pulau-pulau Pasifik termasuk Kaledonia Baru dan Vanuatu, sementara gelombang tsunami yang lebih kecil mungkin tercatat sampai ke Antartika dan sebagian Amerika Selatan, kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS.

Para ilmuwan mengatakan rangkaian gempa hari Jumat disebabkan oleh gerakan tektonik di perbatasan lempeng Australia dan Pasifik, bagian dari Cincin Api Pasifik yang diduduki Selandia Baru. Satu dekade lalu, gempa berkekuatan 6,3 menewaskan 185 orang di kota Christchurch di Pulau Selatan.

Australia mengeluarkan ancaman tsunami laut untuk Pulau Norfolk, wilayah kecil Australia dengan sekitar 1.750 penduduk, tetapi mengatakan tidak ada ancaman ke daratan.

Penduduk Pulau Norfolk di daerah yang terancam oleh banjir disarankan untuk pergi ke tempat yang lebih tinggi, kata Biro Meteorologi, karena gelombang tsunami kecil berdampak pada garis pantai.

Selanjutnya: Gempa 7,2 SR mengguncang Selandia Baru, peringatan tsunami dikeluarkan

 




TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×